Yuk Coba Kuliner Unik Gulai Goreng Khas Solo, Rasanya Garing dan Lezat

Agregasi Solopos, Jurnalis · Jum'at 28 Mei 2021 08:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 28 298 2416554 yuk-coba-kuliner-unik-gulai-goreng-khas-solo-rasanya-garing-dan-lezat-6vnKEsCY08.jpg Gulai goreng khas Solo. (Foto: Surakarta.go.id/Solopos)

PERNAHKAH Anda mendengar kuliner gulai goreng? Ya, ini merupakan penganan uni asal Kota Solo, Jawa Tengah. Bagi para pencinta kuliner wajib mencoba sajian ini karena berbeda dari biasanya.

Seperti dikutip dari laman Solopos, Jumat (28/5/2021), di Solo memang terkenal dengan olahan kuliner gulai kambing. Bukan perkara sulit mencari warung makan yang menyajikan olahan kuliner tersebut.

Baca juga: Tips Aman Makan Gulai hingga Rendang saat Lebaran 

Gulai kambing merupakan makanan berbahan dasar jeroan kambing yang dimasak dengan kuah santan dan aneka rempah pilihan. Tambahan rempah-rempah inilah yang membuat kuah gulai terasa gurih dan nikmat.

Jika biasanya Anda makan gule kambing versi basah, tidak ada salahnya untuk mencicipi versi goreng. Sajian kuliner yang unik ini bisa Anda temukan di Warung Pak Samin yang terletak di kawasan Ngarsopuro, tepatnya di Jalan Diponegoro Nomor 36 Solo maupun yang berlokasi di Jalan Ronggowarsito, Kampung Baru.

Gulai goreng khas Solo. (Foto: Surakarta.go.id/Solopos)

Warung tersebut menyajikan olahan gulai yang tidak biasa, yaitu gulai goreng. Lantas, apa bedanya dengan gulai kambing pada umumnya?

Baca juga: Rawon Makanan Berkuah Terlezat se-Asia, Kuliner Indonesia Kian Mendunia! 

Kuliner yang satu ini terbilang eksklusif karena hanya bisa ditemukan di Warung Pak Samin. Seporsi gulai goreng berisi jeroan kambing yang digoreng garing dan disajikan dengan kuah gulai secara terpisah.

Sebelum digoreng, jeroan yang berupa babat, usus, paru-paru, hati, dan sebagainya dimasak dengan santan encer dan aneka rempah agar empuk. Saat ada pesanan, aneka jeroan itu akan diambil dan ditiriskan kemudian digoreng sampai garing.

Proses menggoreng dilakukan cukup lama di dalam wajan yang diletakkan di tungku arang. Jeroan digoreng sampai benar-benar garing dan renyah.

Baca juga: Resep Gulai Pucuk Daun Singkong untuk Menu Makan Siang 

Begitu jeroan masuk ke mulut, rasanya seperti makan kerupuk yang garing. Makanan yang satu ini terasa makin nikmat disantap dengan nasi dan kuah gulai yang hangat.

Seporsi gulai goreng ini dijual dengan harga cukup terjangkau, mulai Rp30.000 saja. Para pencinta kuliner Nusantara wajib mencicipi makanan unik yang satu ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini