5 Rekomendasi Makanan Berprotein Tinggi untuk Vegetarian

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 28 Mei 2021 14:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 28 298 2416766 5-rekomendasi-makanan-berprotein-tinggi-untuk-vegetarian-EwCUDhVKhY.jpg Susu kedelai (Foto: Healthy food guide)

Setiap sel yang ada di tubuh kita mengandung protein. Artinya protein bertanggung jawab untuk memperbaiki sel dan membuat sel baru.

Jadi, sangat penting untuk mengonsumsi protein yang cukup. Namun makanan non-vegetarian seperti daging dan telur dikatakan sebagai asupan protein tinggi yang ideal.

Studi menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi protein nabati cenderung memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung, kanker, tekanan darah, dll.

Karena itu, melansir Pinkvilla, berikut daftar makanan yang cocok untuk vegetarian yang dapat Anda tambahkan ke dalam rutinitas Anda agar kaya protein.

 kacang hijau

1. Kacang hijau

Kacang hijau mengandung protein 9mg per 240ml setelah dimasak. Ini mencakup 25% serat harian Anda termasuk vitamin A, C dan K. Jadi, saat Anda berada di toko bahan makanan, jangan pernah lupa untuk memasukkan kacang hijau ke dalam makanan Anda.

2. Susu kedelai

Susu sendiri merupakan sumber protein yang sangat baik. Namun beberapa alternatif produk susu seperti susu kedelai memiliki khasiat yang cukup meyakinkan Anda untuk mengganti susu Anda. Susu kedelai terbuat dari kacang kedelai dan air yang disaring.

Satu cangkir susu kedelai tanpa pemanis mengandung 7 gram protein. Rendah karbohidrat dan lemak dibandingkan dengan susu sapi. Itu juga terbaik untuk orang dengan intoleransi laktosa.

3. Kacang dan selai kacang

Kacang, juga dikenal sebagai makanan super. Kacang termasuk almond, walnut dan kacang mete termasuk sumber protein tertinggi. Kacang-kacangan juga merupakan sumber zat besi, kalsium, vitamin A, dan B.

Memiliki segenggam kacang campur terutama saat perut kosong akan memberi Anda awal yang baik untuk memulai hari. Anda juga dapat memilih selai kacang alami seperti selai kacang, yang juga merupakan sumber protein yang bagus. Pastikan Anda menjaga asupan garam minimal dan menghindari makan kacang asin.

4. Gandum

Oat tidak hanya tinggi protein tetapi juga sumber serat larut dan mudah dicerna. Secangkir kecil gandum memberi Anda 6 gram protein dan menurunkan risiko penyakit jantung dan kolesterol. Secangkir gandum di pagi hari adalah cara yang bagus untuk memulai hari Anda.

5. Biji chia

Baru-baru ini biji chia lebih banyak digunakan sebagai makanan super. 35 gram biji chia mengandung 6 gram protein dan 13 gram serat. Mereka memiliki jumlah asam amino yang baik sehingga tubuh Anda menyerap protein dengan baik. Konsumsi biji chia organik lebih baik.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini