7 Tips Jitu Memberi Edukasi Menstruasi sejak Dini pada Anak

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 28 Mei 2021 11:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 28 481 2416582 7-tips-jitu-memberi-edukasi-menstruasi-sejak-dini-pada-anak-QbKTe6ZjtI.jpg Ilustrasi tanggal menstruasi. (Foto: Freepik)

EDUKASI mengenai menstruasi sangat penting untuk dibicarakan dengan anak sejak dini. Selain memberikan informasi terkait cara merawat organ kewanitaan, edukasi ini juga penting untuk mempersiapkan anak saat menghadapi menarke (menstruasi pertama kali).

Ketua Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia Wilayah Jakarta Anna Surti Ariani SPsi MSi Psi mengatakan bahwa anak perempuan yang tidak pernah melakukan pembicaraan tentang menstruasi cenderung merasa takut, malu, dan bingung saat mengalami menarke.

Baca juga: Hari Kebersihan Menstruasi, Terungkap Pentingnya Jaga Kesehatan Organ Kewanitaan 

"Padahal jika ibu meluangkan waktu untuk membicarakan hal ini dengan putrinya, banyak manfaat didapat. Antara lain kesehatan reproduksi yang lebih baik serta kedekatan ibu dan anak. Tidak sedikit anak perempuan yang mencari informasi sendiri dari teman atau internet, dan mendapatkan info yang tidak tepat," terang Anna dalam webinar 'Sehat dan Bersih Selama Menstruasi' dalam rangka Hari Kebersihan Menstruasi, Kamis 27 Mei 2021.

Ilustrasi menstruasi. (Foto: Freepik)

Oleh karena itu, pembicaraan terkait merawat kesehatan organ kewanitaan dan menstruasi dengan ibunya sangatlah penting dilakukan. Seorang ibu perlu membekali diri dengan pengetahuan tentang cara membicarakan menstruasi.

Tentunya ada cara khusus yang baik dan benar bagi seorang ibu untuk membahas menstruasi dengan anak. Berikut 7 tipsnya. Yuk disimak:

Baca juga: Rentan Terinfeksi, Berikut 7 Cara Tepat Merawat Kesehatan Organ Kewanitaan 

1. Ingat bahwa ibu adalah sosok yang diharapkan membicarakan menstruasi, jadi bekali diri dengan informasi yang benar.

2. Buang pemikiran bahwa bicara menstruasi itu tabu, sebaliknya justru penting melakukannya.

3. Jangan berpikir bahwa topik menstruasi bisa dibicarakan dalam satu kali pertemuan, lakukan berulangkali secara bertahap.

4. Bersikap positif karena isu menstruasi bisa sensitif buat anak perempuan.

5. Lebih baik banyak bertanya dan mendengarkan daripada langsung menceramah.

6. Jelaskan secara konkret dengan gambar dan benda yang digunakan.

7. Jelaskan pula kepada anak laki-laki supaya mereka dapat menghormati perempuan yang sedang menstruasi.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini