Keringat Masuk ke Mata Terasa Perih, Berbahayakah?

Ahmad Haidir, Jurnalis · Sabtu 29 Mei 2021 03:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 28 481 2417040 keringat-masuk-ke-mata-terasa-perih-berbahayakah-HobPc0z37L.jpg Ilustrasi keringat masuk ke mata. (Foto: Gpointstudio/Freepik)

SETELAH berolahraga ataupun beraktivitas yang cukup berat, keringat akan keluar dari kulit sebagai respons alamiah dari tubuh. Keringat yang muncul pada bagian dahi dan wajah bisa saja mengucur dan masuk ke mata.

Nah, ketika keringat masuk ke mata, biasanya akan terasa perih. Lalu pertanyaannya, apakah keringat tersebut berbahaya bagi mata? Apa efeknya terhadap mata?

Baca juga: Kaki Sering Berkeringat, Ternyata Ini Penyebabnya 

Seperti dikutip dari laman rochestereyeassociates, Sabtu (29/5/2021), jawaban atas pertanyaan mengapa mata kita terasa perih saat keringat masuk adalah karena ternyata keringat mengandung garam. Keringat memiliki karakteristik lebih asam daripada air mata, sehingga hal itu menyebabkan mata terasa perih saat kemasukan keringat.

Ilustrasi keringat. (Foto: Gpointstudio/Freepik)

Lantas, berbahayakah keringat yang membuat mata kita terasa perih? Beruntunglah secara medis, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa air garam yang terkandung dalam keringat berbahaya bagi mata. Hal ini dikemukakan oleh Stephanie Marioneaux MD, juru bicara dari American Academy of Ophthalmology.

Baca juga: Pakai Antiperspiran Ternyata Lebih Tepat Malam Hari, Ini Alasannya 

Namun, kita tetap perlu berhati-hati terhadap adanya kemungkinan iritasi pada mata akibat keringat yang masuk. Apabila mata kemasukan keringat yang muncul setelah berolahraga maupun beraktivitas, sebaiknya jangan mengucek atau membilasnya dengan air.

Hal ini dikarenakan apabila membilas mata dengan air, justru akan membuat mata menjadi kering. Ini bisa saja menimbulkan iritasi.

Selain itu, sebaiknya menghindari penggunaan tetes mata antibiotik. Lebih baik menggunakan obat tetes mata yang mengandung air mata buatan untuk menjaga mata tetap terhidrasi dengan baik yang akan meminimalisasi mata dari iritasi.

Lalu untuk mencegah keringat agar tidak mengucur dan masuk ke mata, ketika berolahraga bisa menggunakan ikat kepala berbahan kain handuk yang mampu menyerap keringat.

Baca juga: 5 Kesalahan saat Pakai Deodoran Bikin Ketiak Bau hingga Iritasi 

Jadi kesimpulannya, tidak perlu khawatir saat sedang berolahraga lalu tiba-tiba mata terasa perih akibat adanya keringat yang masuk ke mata, karena kondisi tersebut tidak membahayakan.

Hal yang perlu dilakukan adalah tetap tenang, tidak perlu mengucek mata, karena perihnya mata saat kemasukan keringat prosesnya tidak membutuhkan waktu yang lama.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini