Studi: Minum Segelas Susu Setiap Hari Kurangi Risiko Sakit Jantung

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 29 Mei 2021 04:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 28 481 2417047 studi-minum-segelas-susu-setiap-hari-kurangi-risiko-sakit-jantung-Dy8H4Ewwmg.jpg Susu. (Foto: Jcomp/Freepik)

RUTIN berjalan kaki, relaksasi, hingga mengonsumsi makanan tertentu seperti alpukat dan kacang-kacangan jadi sederet tips familier seputar menjaga kesehatan jantung. Tapi kini sebuah studi terbaru menunjukkan ada satu jenis minuman yang dinilai secara signifikan bisa mengurangi risiko sakit jantung. Minuman tersebut adalah susu.

Sebagaimana dirangkum dari laman Metro, Sabtu (29/5/2021), studi terbaru yang dipublikasikan pekan ini di International Journal of Obesity tersebut memperlihatkan minum satu gelas susu setiap hari sangat bagus untuk kesehatan jantung.

Baca juga: Jangan Ragu Minum Susu Kambing, Kenali Deretan Manfaatnya 

Studi ini melibatkan sekira 2 juta orang dari Inggris dan Amerika Serikat. Mereka dipilih berdasarkan kelompok orang yang mengonsumsi minuman susu dalam kadar tinggi.

Susu. (Foto: Jagoda Kondratiuk/Unsplash)

Hasil studi menunjukkan bahwa kelompok peminum susu yang rutin setidaknya satu gelas sehari, memiliki risiko terkena penyakit jantung koroner 14 persen lebih rendah.

Dengan mempelajari kesehatan begitu banyak jumlah individu, para ilmuwan menemukan bahwa orang-orang dengan mutasi yang memungkinkan mereka untuk mengonsumsi susu dalam jumlah besar itu kurang rentan terhadap penyakit kardiovaskular alias penyakit jantung.

Baca juga: Susu Disebut sebagai Minuman Berenergi, Ini 5 Alasannya 

Hasil studi itu menjadi temuan menarik, mengingat selama ini minuman susu lekat dengan kadar kolesterolnya yang tinggi dan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Tapi nyatanya studi terbaru ini menunjukkan kelompok orang yang rutin minum susu mempunyai kadar kolesterol baik dan jahat yang lebih rendah.

Kabar baiknya lagi, tim ilmuwan justru tidak mendapati hubungan antara minum susu secara teratur dan peningkatan kadar kolesterol.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini