Khasiat Bunga Kaktus dan Desert Rose untuk Kulit Wajah Glowing

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 28 Mei 2021 15:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 28 611 2416728 khasiat-bunga-kaktus-dan-desert-rose-untuk-kulit-wajah-glowing-UeqHJ4Kdzo.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

Semakin banyak produk skincare yang mengambil manfaat alam untuk kecantikan kulit wajah. Dari banyak tumbuhan yang diekstrak, bunga kaktus dan desert rose menjadi pilihan menarik untuk melembapkan dan mencerahkan kulit yang tampak kusam.

Tapi, apakah dua tanaman alami itu benar-benar memberikan manfaat yang baik untuk kecantikan kulit wajah?

Bunga Kaktus

Bunga Kaktus

Bunga kaktus di sini adalah Opuntia Ficus-Indica. Ini adalah spesies tanaman kaktus yang berasal dari Meksiko dan sudah sejak lama dijadikan bahan pembuatan makanan dan minuman, beberapa pihak menggunakannya sebagai bahan alami untuk produk kosmetik.

"Opuntia Ficus-Indica telah digunakan di berbagai bidang, termasuk kesehatan, nutrisi, dan prosuk kosmetik. Beberapa bahkan memanfaatkannya untuk obat herbal berbagai masalah kesehatan," terang laporan studi yang diterbitkan di EurAsian Journal of BioSciences (2020).

Baca Juga : 5 Potret Cantik Sarah Samantha yang Dijodohkan dengan Verrell Bramasta

Ya, tanaman kaktus yang populer disebut dengan 'princkly pear' ini memiliki bagian bunga yang kaya akan manfaat untuk kesehatan kulit.

"Ekstrak bunga Opuntia Ficus-Indica dipercaya mampu mengunci kelembapan ke dalam kulit untuk membuat kulit lebih sehat dan tampak glowing," sambung Dyni Mela Zingiberni, seorang Beauty Influencer pada MNC Portal Indonesia, Kamis (27/5/2021).

Desert Rose

Desert Rose

Tanaman lain yang juga kaya manfaat untuk kesehatan kulit wajah adalah Adenium Obesum atau yang biasa dikenal dengan nama Desert Rose. Tanaman ini berasal dari Sahel yang terkenal di bagoan selatan gurun Sahara.

Untuk manfaatnya bagi kulit wajah, Desert Rose dipercaya mampu menghaluskan tekstur kulit dan mencerahkan kulit yang kusam. Dijelaskan Dyni, skincare yang mengandung Desert Rose itu sangat nyaman dipakai.

"Misalnya masker SNP Halloasis yang ada kandungan Desert Rose-nya. Karena essence-nya cukup banyak, biasanya sisa essence-nya aku oles ke badan maupun ke leher," terangnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini