Beautypedia, Cara Bikin Rambut Kuat dan Berkilau dengan Masker

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 28 Mei 2021 15:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 28 611 2416817 beautypedia-cara-bikin-rambut-kuat-dan-berkilau-dengan-masker-7ldxAmbkD5.jpg Rambut berkilau (Foto: All perfect stories)

Rambut kita membutuhkan minyak alami agar terlihat halus dan berkilau. Ini juga membutuhkan dosis harian vitamin D. Sejak pandemi Covid-19 muncul, tradisi bekerja dari rumah juga membuat rambut Anda tidak mendapatkan asupan vitamin D yang cukup.

Kekurangan vitamin D membuat rambut kering dan kasar. Folikel rambut kita mengandung kelenjar pelepas minyak yang mengeluarkan minyak alami. Minyak alami ini memberikan kelembutan dan kilau pada rambut kita.

Selain itu, gaya hidup dan polusi juga dapat menyebabkan rambut kehilangan pesona alaminya. Karena itu, perawatan rambut sama pentingnya dengan perawatan kulit. Melansir Pinkvilla, berikut beberapa jenis masker rambut yang bisa Anda bikin sendiri untuk membantu merawat rambut menjadi kuat dan berkilau.

 madu dan susu

1. Masker madu dan susu untuk rambut halus

Madu bisa menjadi pelembab yang bagus untuk rambut. Ini menghaluskan folikel rambut dan menambah kilau pada rambut kusam. Dengan melembapkan dan mengunci kilau, madu dapat membantu mengembalikan kilau alami rambut Anda. Sedangkan susu, ini membantu dalam pertumbuhan dan memperkuat rambut.

Caranya, campur satu sendok makan madu dengan secangkir susu. Oleskan ke seluruh rambut Anda dan biarkan selama 20 menit sebelum mencucinya dengan air hangat dan sampo. Ulangi proses ini dua kali seminggu untuk hasil terbaik.

2. Masker pisang dan minyak zaitun untuk rambut keriting

Pisang kaya akan potasium, vitamin, dan minyak alami yang melembabkan rambut dan meningkatkan elastisitas rambut. Itu membuat rambut lebih bersinar dan lebih mudah diatur. Minyak zaitun merangsang sirkulasi darah yang membantu menghasilkan helai rambut yang lebih lembut, sehat, dan lebih tebal.

Caranya, Hancurkan satu pisang matang dengan satu sendok makan minyak zaitun. Haluskan adonan hingga berbusa. Oleskan masker dari akar ke ujung dan biarkan selama 20 menit sebelum dicuci. Ulangi proses ini seminggu sekali untuk hasil terbaik.

3. Masker yogurt dan minyak zaitun untuk rambut tebal

Yogurt alami penuh dengan protein yang memberi nutrisi, yang dibutuhkan rambut untuk pertumbuhan dan kesehatan yang tepat sedangkan minyak zaitun merangsang sirkulasi darah yang membantu menghasilkan helai rambut yang lebih lembut, sehat dan lebih tebal.

Caranya, campurkan satu cangkir yogurt alami dengan satu sendok makan minyak zaitun. Oleskan campuran ini secara merata ke seluruh rambut Anda dan biarkan selama 10 menit sebelum mencucinya dengan air dingin dan sampo. Ulangi proses ini seminggu sekali untuk hasil terbaik.

4. Masker vitamin E dan kuning telur untuk rambut diwarnai

Vitamin E dapat membantu mendukung kesehatan kulit kepala dan rambut karena memiliki efek antioksidan alami yang dapat membantu menjaga pertumbuhan rambut. Kuning telur bisa menjadi makanan super untuk rambut Anda karena kombinasi unik vitamin yang terdapat di dalamnya.

Caranya, ambil satu kapsul vitamin E dan campur dengan dua kuning telur. Aduk campuran dengan baik dan oleskan secara merata ke seluruh rambut Anda. Biarkan tetap tidak terganggu selama 30 menit dan kemudian bersihkan dengan air hangat dan sampo. Ulangi proses ini seminggu sekali untuk hasil terbaik.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini