Tak Cuma Diminum, Kafein Juga Baik untuk Pertumbuhan Rambut

Sellva Brilliancy Fernando, Jurnalis · Jum'at 28 Mei 2021 20:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 28 611 2416988 tak-cuma-diminum-kafein-juga-baik-untuk-pertumbuhan-rambut-eoZCPhuHAo.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KAFEIN dalam kopi adalah zat yang memiliki banyak manfaat. Salah satu yang kita ketahui adalah kafein dalam kopi membuat kita tetap terjaga, waspada, dan aktif setiap kali membutuhkan lebih banyak energi.

Tapi tahukah Anda bahwa kafein juga bisa meningkatkan pertumbuhan rambut dengan merangsang akar rambut. Produk perawatan rambut dengan kafein juga memperkuat rambut, dan membuatnya lebih mudah diatur. Dilansir dari Schwarzkopf, berikut efek kafein untuk rambut.

Banyak pria menghadapi kerontokan rambut lebih awal, karena efek hormon pria dihidrotestosteron (DHT), yang bekerja pada folikel rambut yang rentan. Akibatnya, folikel ini semakin mengecil dan akhirnya menghilang dan menjadi kebotakan umum.

Rambut

Proses tersebut, disebut 'miniaturisasi folikel rambut', yang juga mempengaruhi fase pertumbuhan rambut. Kafein pun bisa merangsang akar rambut di kulit kepala, dan memicu pertumbuhan rambut yang lebih kuat.

Nah, jika Anda memakai sampo yang mengandung kafeina, biarkan meresap di kulit kepala setidaknya selama dua menit. Kafein membutuhkan waktu beberapa saat untuk menembus ke akar rambut, dan menunjukkan efeknya.

Sebaiknya, penggunaan rutin produk perawatan rambut yang mengandung kafein, karena kafein terdegradasi di kulit kepala dalam waktu sekitar 24 jam.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini