Vaksin Gotong Royong Pakai Sinopharm, Ternyata Ini Alasannya

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 28 Mei 2021 01:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 28 612 2416483 vaksin-gotong-royong-pakai-sinopharm-ternyata-ini-alasannya-RqZqLbKYsl.jpg Vaksin Covid-19. (Foto: Freepik)

GUNA mempercepat vaksinasi, pemerintah pun membuka keran untuk vaksin Covid-19. Tapi tidak semua orang bisa mendapatkan vaksin Covid-19, hanya mereka yang perusahaannya mendaftar.

Tercatat, ada 27 perusahaan di 18 fasilitas kesehatan, baik di Jakarta, Jawa Barat, Banten, Kepri, Maluku, dan hingga saat ini telah didistribusikan 21.616 vaksin Gotong Royong.

Meski sama-sama buatan China, namun vaksin yang dipakai di program vaksin Gotong Royong diketahui berbeda dari program vaksinasi nasional. Jika vaksinasi nasional menggunakan CoronaVax buatan PT Sinovac dan juga AstraZeneca. Program vaksin Gotong Royong menggunakan vaksin Sinopharm.

Dipilihnya vaksin Sinopharm sebagai vaksin Covid-19 yang dipakai dalam program vaksin Gotong Royong, bukan tanpa alasan. Seperti dijelaskan oleh Dr. Julitasari Sundoro, dr., MSc-PH selaku pakar vaksin ITAGI, perbedaan merek vaksin ini karena semata-mata demi menghindari rancu atau ambigu.

“Sinopharm dan Sinovac itu sama-sama dari Cina, platformnya sama yakni virus yang dimatikan (unactivated). Vaksin Gotong Royong ini berbayar, tidak boleh sama dengan program pemerintah nanti jadinya rancu. Ini strategi dari awal, supaya enggak rancu,” kata Dr. Julitasari Sundoro, dr., MSc-PH.

Tak hanya merek vaksin yang memang harus berbeda dengan yang sudah dipakai oleh pemerintah pusat di program vaksinasi nasional. Secara teknik pelaksanaan, contohnya tempat penyelenggaraan vaksinasi juga disebutkan Dr. Julita tak boleh sama.

“Kenapa tidak sama dengan vaksin yang dipakai pemerintah, karena dalam pelaksanaannya, fasilitas kesehatannya itu enggak boleh sama dengan yang dipakai pemerintah. Vaksin Gotong Royong ini pakai fasilitas swasta, jadi ada pembagian tugas, biar bisa semakin cepat juga,” pungkas Dr. Julita.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini