Jadi Ibu, Citra Kirana Berbagi Rahasia Produksi Banyak ASI

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 28 Mei 2021 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 28 612 2416943 jadi-ibu-citra-kirana-berbagi-rahasia-produksi-banyak-asi-1bBfBe15Jq.jpg Citra Kirana. (Foto: Instagram)

SALAH satu permasalahan bagi ibu muda adalah terkait dengan Air Susu Ibu (ASI). Setiap ibu pastinya ingin memberikan ASI eksklusif pada anaknya. Akan tetapi, tidak semua orang bisa memberikan ASI pada anaknya.

Ada dari mereka yang dengan mudah memproduksi ASI, tapi ada juga yang kesulitan memproduksi ASI sehingga harus menggantinya dengan susu formula. Memang, 6 bulan pertama kelahiran sang bayi pemberian ASI sangat disarankan.

ASI eksklusif mengandung banyak nutrisi yang penting bagi tumbuh kembang bayi. Rutin memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan pertama kelahiran juga akan meminimalisir adanya alergi karena zat antibodi pada ASI dapat meningkatkan daya tahan tubuh bayi.

Citra Kirana

Karenanya, banyak para ibu yang mencoba segala cara untuk mendapatkan produksi ASI yang melimpah guna memenuhi kebutuhan si kecil. Akan tetapi, menurut salah satu pesinetron Indonesia Citra Kirana, sebenarnya untuk menghasilkan ASI yang banyak tidak perlu serepot itu.

Baginya, kunci untuk mendapatkan ASI yang melimpah adalah perasaan seorang ibu yang bahagia. Karena jika suasana hati ibu tidak bahagia, makanan bergizi yang ia konsumsi tidak bisa bekerja dengan baik dalam tubuh.

"Supaya produksi ASI melimpah pokoknya mamanya harus happy. Makanlah makanan yang mama suka," ujar Citra Kirana. pada Jumpa Pers Virtual Baby Huki dengan tema "Dot Baby Huki Solusi Pendukung ASI Telah Teruji Klinis Memenuhi Kaidah Orthodontic, Berikan Si Kecil Rasa Aman dalam Menyusu, Jumat (28/5/2021).

Untuk mendapatkan suasana hati yang bahagia, lanjut Ciki, sang ibu harus mengupayakan agar selalu dapat berpikir positif. Selain itu, melakukan bonding dengan si kecil juga dapat membuat suasana hati ibu menjadi lebih positif.

"Aku juga menerapkan bonding sama anak sih menjalin kedekatan sama anak. Selain itu juga berpikir positif saja, karena berpikir positif dapat membuat suasana hati menjadi lebih tenang," sambungnya.

Akan tetapi, selain suasana hati sang ibu yang harus dijaga, makanan pun juga harus dijaga. Selama menyusui, Ciki mengaku bahwa ia menjauhi makanan yang mengandung tepung-tepungan. Karena makanan tanpa olahan dipercaya dapat membuat produksi ASI berjalan lancar.

"Makan dijaga sih, makan-makanan bergizi saja tanpa tepung-tepungan, tanpa olahan, itu juga membantu ASI semakin berlimpah," tukasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini