Tangan Sering Berkeringat Tanda Penyakit Jantung, Mitos atau Fakta?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Minggu 30 Mei 2021 16:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 30 481 2417554 tangan-sering-berkeringat-tanda-penyakit-jantung-mitos-atau-fakta-LEAeKi9QNU.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PENYAKIT jantung memang menjadi salah satu penyakit yang cukup banyak menyerang orang-orang. Ada beberapa gejala yang dikabarkan menjadi ciri penyakit jantung, salah satunya adalah telapak tangan dingin dan mudah basah. Tapi apa benar?

Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah di Heartology Cardiovascular Center dr Radityo Prakoso, Sp.JP(K), mengatakan, tangan atau kaki sering dingin dan mudah berkeringat memang menjadi mitos umum penyakit jantung.

"Tangan atau kaki sering dingin atau berkeringat tidak selalu berhubungan dengan sakit jantung," katanya dalam webinar bertajuk 'Penyakit Jantung Bawaan'.

Sakit Jantung

Dokter Radityo menyesalkan bahwa masih banyak masyarakat yang percaya dengan hal-hal semacam ini, bahkan tak sedikit yang merasa seperti dokter sampai bisa mendiagnosis penyakit tertentu.

"Padahal, diagnosis hanya dapat dikeluarkan oleh tenaga profesional setelah melewati serangkaian pemeriksaan. Jadi, kalau katanya-katanya doang, ya, jangan dipercaya. Ada baiknya segera tanyakan ke dokter," terangnya.

Terkait dengan penyakit jantung bawaan (PJB), dr Radityo coba menerangkan beberapa gejala yang bisa Anda curigai, baik itu pada bayi yang baru lahir, usia anak-anak, hingga remaja. Apa saja gejala PJB tersebut?

Bayi baru lahir

- Detail mengenai kehamilan dan riwayat prenatal

- Kesulitan makan, artinya si anak susah minum ASI

- Riwayat peetumbuhan dan perkembangan yang lambat

- Sianosis

- Napas cepat

- Keringat dingin

 

Balita dan anak prasekolah

- Tingkat aktivitas rendah, artinya si anak tidak begitu aktif seperti anak lain seusianya.

- Sianosis

- Punya gejala pernapasan

- Kesulitan makan

- Riwayat pertumbuhan dan perkembangan yang lambat

Remaja

- Sesak napas

- Kelainan saat tidur, misalnya si anak lebih suka tidur di sofa dibanding kasurnya

- Berdebar-debar tanpa alasan jelas

- Nyeri dada

- Sering pingsan

- Bengkak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini