5 Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder, Yuk Ketahui

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 31 Mei 2021 13:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 31 298 2417926 5-perbedaan-baking-soda-dan-baking-powder-yuk-ketahui-brt4NGbVlg.jpg Baking soda. (Foto: Shutterstock)

KETIKA membuat kue, kita pasti menggunakan bahan pengembang agar tekstur yang dihasilkan menjadi lembut dan tentunya tidak bantat. Baking soda dan baking powder menjadi dua pilihan yang paling umum dipakai sebagai bahan pengembang kue.

Meskipun keduanya punya fungsi dan bentuk yang sama, bukan berarti mereka satu jenis lho. Penting untuk memahami perbedaan antara baking soda dan baking powder, karena keduanya berfungsi sebagai zat ragi, tetapi secara kimiawi sangat berbeda.

Seperti dilaporkan laman Byjus, Senin (31/5/2021), berikut penjelasan singkat tentang perbedaan baking powder dan baking soda.

Baca juga: Manfaat Baking Soda, Jadi Obat Kumur hingga Meringankan Kulit Gatal 

1. Memiliki kandungan yang berbeda

Baking powder adalah campuran natrium bikarbonat, bikarbonat lainnya, dan garam asam. Sedangkan baking powder adalah natrium bikarbonat yang dapat dilambangkan dengan rumus kimia NaHCO3.

2. Perbedaan cara kerja untuk membuat kue mengembang

Baking soda membutuhkan bahan asam agar dapat bereaksi dengan maksimal, seperti lemon, yoghurt, atau susu. Sedangkan baking powder sudah dilengkapi dengan bahan asam dari awalnya sehingga bisa langsung berfungsi tanpa tambahan cairan lain.

Baking soda.

3. Perbedaan subtitusi yang terkandung

Baking powder pada dasarnya terdiri dari bahan baking soda dengan tambahan zat asam. Hal itu membuat kita dapat menggunakan baking powder sebagai pengganti baking soda.

Sayangnya hal ini tidak berlaku pada pergantian baking soda ke baking powder, karena tidak terdapat bahan asam di dalam baking soda.

Jika ingin menstubtitusi baking soda menjadi baking powder setidaknya kalian membuat baking powder alami dengan mencampurkan baking soda dan krim tar-tar.

Baca juga: Benarkah Minum Soda Kue Bantu Turunkan Berat Badan? 

4. Perbedaan dalam penggunaan untuk membuat kue

Baking powder digunakan untuk membuat kue cepat saji yang terdiri bahan-bahan yang relatif netral, misalnya bolu, muffin, dan kue-kue lain.

Sedangkan baking soda lebih disarankan untuk dipakai pada adonan yang memiliki bahan asam lain dalam komposisinya, seperti berbagai jenis roti dan biskuit.

5. Pengaruh yang dihasilkan untuk rasa kue

Terlalu banyak menggunakan baking powder dalam adonan kue bisa menghasilkan rasa pahit ketika kue selesai dipanggang. Namun kekhawaitran itu tidak perlu Anda pikirkan jika menggunakan baking soda.

Meski penggunaan baking soda cenderung berlebih saat pembuatan kue sedang dikerjakan, hal ini tidak mempengaruhi rasa yang akan dihasilkan ketika kue sudah matang.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini