Cara Tepat Masak Daging Sapi Australia Sesuai Potongan

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 31 Mei 2021 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 31 298 2417986 cara-tepat-masak-daging-sapi-australia-sesuai-potongan-30kXrqNgcX.JPG Hidangan lezat dari daging sapi Australia (Foto : Pradita/Okezone)

Daging sapi Australia memang jadi salah satu jenis daging terfavorit di kalangan masyarakat Indonesia pencinta daging sapi. Mengingat daging sapi khas Australia ini hadir dengan kualitas tinggi, mudah didapat, dan lebih mudah pengolahannya daripada daging sapi biasa pada umumnya.

Namun dalam mengonsumsi daging sapi Australia dan daging sapi pada umumnya, perlu diperhatikan pemilihan metode memasak yang sesuai dengan potongan daging.

Daging Sapi

Seperti dikatakan salah satu chef senior dan ternama Indonesia, Chef Vindex Tengker. Cara memasak daging sapi Australia menjadi berbagai menu itu sebetulnya mudah. Namun kuncinya adalah memahami karakteristik tiap potongan daging.

Baca Juga : Asyik! Jakarta Beef Up Fest 2021 Siap Digelar MLA Selama Juni

Daging Sapi

Sebab, masing-masing potongan punya kelembutan yang berbeda-beda. Chef Vindex mencontohkan, untuk potongan rib eye, tenderloin dan sirloin itu paling bagua diolah menjadi hidangan steak.

“Potongan premium kayak rib eye, tenderloin dab sirloin itu cocoknya dimasak dengan metode dry cook yang masaknya sebentar. Dibuat jadi steak, karena tiga potongan premium ini cenderung lembut,” ujar Chef Vindex saat dijumpai MNC Portal Indonesia, Senin (31/5/2021) dalam gelaran Konferensi Pers Jakarta Beef Up Fest 2021 di kawasan SCBD, Sudirman, Jakarta.

Pria yang pernah memimpin panelis juri ajang MasterChef Indonesia tersebut menambahkan, selain tiga potongan premium di atas. Disarankan diolah menggunakan metode wet cooking yang durasi memasaknya panjang.

“Sisa potongan yang lainnya, dimasak pakai metode wet cooking artinya banyak liquidnya (cairan) dan dimasak lama. Contohnya masakan Indonesia tuh seperti rendang atau kalio, untuk Western bisa dimasak untuk stew. Selain itu bisa juga dimasak dengan teknik slow roasted,” tutup Chef Vindex.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini