Chef Devina Hermawan Sarankan Jangan Cuci Daging, Ini Alasannya

Andaru Danurdana, Jurnalis · Senin 31 Mei 2021 16:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 31 298 2418016 chef-devina-hermawan-sarankan-jangan-cuci-daging-ini-alasannya-BD4vWXxTKo.jpg Daging. (Foto: Bublikhaus/Freepik)

BUAT kalian yang gemar memasak hidangan daging, pasti ada kebiasaan mencucinya ketika baru dibeli, entah itu dari pasar tradisional maupun swalayan. Tapi ternyata, menurut Chef Devina Hermawan, mencuci daging sebelum dimasak sangat tidak disarankan.

Sebagai seorang chef dan instruktur memasak, tentunya Chef Devina Hermawan sang finalis Top 7 di MasterChef Indonesia Season 5 ini paham mengenai risiko kontaminasi makanan yang jarang diketahui masyarakat awam.

Baca juga: Tips Menyajikan Makanan Bergizi untuk Anak dari Chef Devina Hermawan 

Dari penjelasan Chef Devina, daging yang dicuci sebelum dimasak memiliki risiko terkontaminasi bakteri yang ada di air. "Mencuci daging dengan air membuat daging mengerut dan kondisi daging jadi tidak segar lagi," tambah dia.

Tapi ada pengecualian bagi yang ingin mengeliminasi protein yang bisa larut dalam air. Untuk membuat daging olahan, dimsum, dan sebagainya, daging sah-sah saja dicuci.

Informasi dari Chef Devina ini pun dikonfirmasi salah satu pengguna yang memberikan sumber dari Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat.

Daging. (Foto: Stockking/Freepik)

Menurut akun @timothystevano, FDA juga menyarankan untuk tidak mencuci daging mentah sebelum memasaknya, karena ada potensi menyebarnya bakteri dari daging di wastafel dan meja tempat pengolahan masakan.

Cuitan edukatif ini pun memicu beberapa diskusi di kolom komentar.

"Biar ga bau gimana chef?" tanya @cahyahat***.

"Dimasukin ke freezer dalam kondisi sudah di-pack ke dalam kontainer kecil," balas @Yunc***.

Baca juga: Chef Devina Berbagi Resep Sop Buntut Bakar ala Restoran 

"Kalo dicuci langsung dimasak gpp, tapi kalo abis dicuci masuk freezer atau kulkas bakterinya nyebar di kulkas," ungkap @andit_sav***.

"nah ini yg bener. Ga boleh dicuci itu kalo mo disimpen dulu, ga langsung dimasak," komentar @istoxic***.

Selain diskusi, tak sedikit juga candaan yang terlontar dan saling bersahutan.

"Oke mulai besok ayamnya langsung digoreng," tulis @babiyngepett. Kemudian dibalas @truweluputih, "Jangan lupa cabutin dulu bulu-bulunya."

Baca juga: Manjakan Lidah dengan Burger Sushi, Catat Nih Resepnya! 

"Jadi gimana gess hasil akhirnya? Dicuci atau gak? Kesian si daging digibahin drtd," canda @BebekGoy***.

Menutup pembahasannya mengenai daging-dagingan, Chef Devina Hermawan berkelakar mengenai tiga jenis netizen yang muncul jika ada informasi tertentu. Ada yang mencari kebenaran dan mengecek sumber kredibel, ada juga yang berusaha menghibur netizen lain dengan mengirim candaan, kemudian ada juga yang membahas hal tidak relevan yang berujung adu argumen di media sosial.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini