Makan Buah Setiap Hari Yuk, Kulit Bakal Terus Terlindungi

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 31 Mei 2021 17:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 31 298 2418090 makan-buah-setiap-hari-yuk-kulit-bakal-terus-terlindungi-cIkPyV5nbW.jpg Ilustrasi buah-buahan. (Foto: Aleksandarlittlewolf/Freepik)

BUAH-buahan dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Maka itu, buah-buahan harus dimasukkan dalam menu makanan sehari-hari.

Dikemas dengan vitamin dan mineral esensial, buah-buahan dapat memberikan segala macam keajaiban untuk kulit. Tampilan wajah pun menjadi lebih baik.

Baca juga: 4 Herbal yang Bermanfaat untuk Perawatan Kulit Cantikmu, Apa Saja? 

Manjakan diri dengan diet kaya buah akan memberi Anda banyak manfaat kesehatan dan memperbaiki kulit dari dalam hingga luar. Asupan berair ini juga dapat digunakan secara topikal untuk mengatasi masalah kulit supaya hasilnya lebih cepat.

Nah, berikut ini deretan manfaat buah-buahan untuk kesehatan kulit, seperti dilaporkan laman Feminaindia.

1. Buah kaya vitamin C tingkatkan perlindungan kulit

Vitamin C diperlukan untuk tubuh yang sehat. Ini tidak hanya membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, tetapi juga meningkatkan produksi kolagen. Oleh karena itu, meningkatkan fungsi pelindung kulit untuk kesehatan dan kecantikan eksternal.

Ini adalah nutrisi yang dibutuhkan setiap hari karena tubuh tidak dapat secara alami memproduksi vitamin C, juga tidak menyimpannya di dalam darah untuk digunakan nanti.

Jika ingin mendapatkan manfaatnya untuk kulit bercahaya, konsumsilah buah-buahan yang kaya vitamin C, seperti buah jeruk setiap hari atau masukkan ke dalam rutinitas perawatan kecantikan. Buah seperti ini juga yang terbaik untuk melawan jerawat.

Kulit wajah. (foto: Prostooleh/Freepik)

2. Buah tropis menutrisi kulit

Buah-buahan tropis memiliki banyak manfaat untuk memanjakan kulit. Buah jenis ini memiliki vitamin esensial dan sifat pelembap. Buah ini bisa langsung dioleskan ke kulit.

Buah-buahan tropis seperti pepaya dan pisang sangat luar biasa untuk menutrisi kulit dan menawarkan sifat mencerahkan kulit. Keduanya kaya potasium dan vitamin A. Papain, enzim aktif yang ditemukan dalam pepaya, membantu mengelupas sel kulit mati saat dioleskan ke kulit.

Baca juga: Mengenal Mugwort, Tanaman Herbal yang Bekhasiat untuk Kesehatan Kulit 

3. Buah beri melawan jerawat

Buah beri memiliki kapasitas antioksidan tinggi yang bermanfaat bagi kulit. Polifenol yang ditemukan dalam buah beri membantu melindungi kulit dari gangguan lingkungan dan berbagai tanda penuaan. Buah beri juga bagus untuk penggunaan topikal.

Buah beri dapat dihancurkan dan digunakan untuk membuat scrub alami karena memiliki sifat pengelupasan. Buah seperti stroberi juga kaya akan asam salisilat yang dapat membantu mengelupas bakteri penyebab jerawat.

Jika menggunakan buah beri pada kulit, penting melakukan percobaan terlebih dahulu.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini