Kenali Faktor yang Buat Lansia di Indonesia Jadi Renta

Antara, Jurnalis · Senin 31 Mei 2021 15:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 31 612 2417979 kenali-faktor-yang-buat-lansia-di-indonesia-jadi-renta-NeIAV9JOsx.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KESEHATAN lansia di masa pandemi Covid-19 memang wajib menjadi sorotan. Apalagi, beberapa lansia kerap mengalami gangguan kesehatan yang serius, seperti jantung, diabetes bahkan kanker.

Oleh karena itu, pemerintah pun memfokuskan pemberian vaksin Covid-19 bagi para lansia. Sayangnya, sampai saat ini target vaksinasi Covid-19 untuk para lansia belum mencapai target yang diinginkan.

Oleh karena itu, para pakar kesehatan mengingatkan kepada mereka yang berusia lebih dari 60 tahun jangan sampai menjadi renta walau mengalami penurunan fungsi tubuh akibat penuaan.

Menurut studi, ada sejumlah faktor yang mempengaruhi kondisi ini antara lain: depresi dan risiko malnutrisi, riwayat jatuh sebelumnya dan rawat inap dalam 12 bulan sebelumnya, serta poli farmasi atau kebanyakan obat.

Tak hanya itu, secara umum faktor seperti umur, status fungsional atau kemandirian dan status gizi turut berpengaruh pada kerentaan.

“Inilah masalah utama pada lansia di Indonesia,” tutur dokter spesialis penyakit dalam konsultan geriatri di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung, Lazuardhi Dwipa.

Dia mengatakan, kerentaan membuat lansia tak bisa mandiri dan tergantung pada orang lain. Kondisi ini juga meningkatkan kerentanan mereka terhadap suatu penyakit dan berujung menyebabkan kualitas hidup buruk.

Kerentaan, menurut Lazuarhdi bukan sesuatu yang dimaklumi melainkan perlu dicegah salah satunya melalui deteksi dini. Apabila lansia ditemukan dalam kondisi renta sedini mungkin, maka dia bisa segera diobati.

Merujuk penelitian dari Perhimpunan Gerontologi Medik Indonesia (PERGEMI), Lansia yang renta di Indonesia pada tahun 2019 berjumlah sekitar 24 persen dan angka ini meningkat menjadi 34 persen setahun kemudian.

Temuan lain studi juga menunjukkan, sebanyak 70 persen lansia bahkan sudah masuk dalam kategori pra-renta atau kondisi yang akan menjadi renta. Akibatnya, skor kemandirian lansia menjadi tak bagus dan ketergantungan pada orang lain tinggi yakni 38 persen.

Penelitian lain, yang dipublikasikan tahun 2021 menemukan, sebanyak 1 dari 5 lansia mengalami kerentaan atau 18,17 persen dan 66,20 persen masuk kategori pra-renta.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini