Tak Mau Kena Diabetes? Cukup Olahraga 150 Menit Seminggu

Antara, Jurnalis · Senin 31 Mei 2021 17:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 31 612 2418068 tak-mau-kena-diabetes-cukup-olahraga-150-menit-seminggu-kwNRlTfzpr.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PENYAKIT diabetes memang belum bisa disembuhkan dan tidak memiliki obat. Oleh karena itu, penderita diabetes akan terus membawa penyakit ini seumur hidup.

Dokter Danar Wicaksono dari Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sardjito Yogyakarta mengatakan, untuk menghindari terkena diabetes maka dianjurkan berolahraga dan menjaga gaya hidup. Lantas, berapa lama kita harus berolahraga dalam seminggu agar bebas dari diabetes?

Danar menganjurkan, dalam satu minggu setidaknya tubuh dapat diolah lewat berolahraga minimal dengan waktu 150 menit.

"Mager atau malas gerak ini fenomena yang sering kita temukan ya sekarang. Padahal olahraga yang dibutuhkan tubuh kita tidak berat, olahraga pun selain untuk bakar kalori supaya tubuhnya bisa terus mengolah glukosa dalam darah bisa melepaskan juga hormon endorfin yang membawa kebahagiaan," katanya.

Diabetes

Ia pun memberikan tips agar masyarakat tidak terbebani untuk berolahraga mencegah diabetes di usia muda dengan mendengarkan lagu saat berolahraga dan menyiapkan 'cheat day' dalam satu minggu.

"Kalau olahraganya sambil mendengarkan lagu yang disukai dengan irama yang masih bisa diikuti tubuh, orang- orang cenderung bisa lebih santai dan membuat tubuh rileks. Lalu selanjutnya dalam satu minggu sediakan 1 atau 2 hari untuk menjeda rutinitas olahraga sehingga tidak terbebani," tutup Danar.

Sekadar informasi, International Diabetes Federation (IDF) pada 2019 mencatat di Pasifik Barat, Indonesia menduduki nomor dua tingkat penduduk yang mengidap penyakit diabetes.

Tingkat diabetes yang masih tinggi pun terjadi salah satunya karena gaya hidup tidak sehat dan asupan gizi tidak seimbang untuk tubuh.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini