Klaster Halalbihalal, Ini 7 Kewajiban RT yang Kena Micro Lockdown

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 31 Mei 2021 19:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 31 612 2418138 klaster-halalbihalal-ini-7-kewajiban-rt-yang-kena-micro-lockdown-foIQ7edqwZ.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KLASTER halahbihalah muncul setelah Hari Raya Lebaran beberpa minggu silam. Klaster ini bukan hanya terjadi di tingkat keluarga saja, melainkan di tingkat RT.

Bahkan, ada satu RT di Cipayung yang terpaksa dikarantina, lantaran 51 warganya positif Covid-19. Memang, saat ini peningkatan status zona merah di berbagai wilayah di Tanah Air terus terjadi pasca-lebaran.

Pemerintah daerah pun telah diminta untuk melakukan antisipasi penularan kasus Covid-19, caranya dengan mengoptimalkan peran pos komando (Posko), terkait pengendalian sesuai status zonasi tingkat rukun tetangga (RT) masing-masing.

Merangkum dari laman Instagram resmi Komite Percepatan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), @lawancovid19_id, Senin (31/5/2021), jika RT berstatus zona merah, dan memiliki kasus penularan Covid-19 lebih dari lima rumah, maka wajib melakukan micro lockdown.

Berikut beberapa hal yang wajib dilakukan apabila melakukan micro lockdown, di antaranya:

1. Mengawasi ketat warga yang melakukan isolasi mandiri.

2. Menemukan suspek.

3. Melacak kontak erat.

4. Menutup tempat umum, termasuk rumah ibadah, kecuali yang termasuk sektor esensial.

5. Melarang perkumpulan lebih dari tiga orang.

6. Meniadakan kegiatan sosial.

7. Menetapkan peraturan keluar masuk wilayah maksimum pukul 20.00 WIB waktu setempat.

Selain itu protokol kesehatan juga wajib dilakukan, salah satunya dengan menerapkan 3M yakni mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, mengenakan masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini