Pendekatan Orangtua Jadi Langkah Terbaik Mencegah Anak-Anak Merokok

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 01 Juni 2021 07:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 31 612 2418169 pendekatan-orangtua-jadi-langkah-terbaik-mencegah-anak-anak-merokok-cq8rJYuHXk.jpg Merokok (Foto: My Clinic)

Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono mengatakan, prevalensi perokok di kalangan anak-anak di usia 10 sampai 18 tahun meningkat 7,2 persen pada 2013, menjadi 9,1 pada 2018.

Adanya perokok pada anaknya-anak memang tidak bisa dipungkiri, karena salah satunya dari pergaulan di lingkungannya. Hal ini harus dicegah, yakni dengan cara pendekatan dari pihak keluarga hingga kesehatan.

berhenti merokok 

Pendekatan yang perlu dilakukan terhadap anak-anak yang kecanduan merokok, yaitu dengan mencontohkan bahwa orangtuanya sendiri bukan perokok.

"Itu merupakan salah satu bagian yang paling efektif untuk memperlihatkan kepada anak, bahwa orangtuanya tidak merokok. Dan itu adalah salah satu contoh yang baik supaya, anaknya tidak masuk ke pergaulan merokok," ujarnya saat konferensi pers Hari Tanpa Tembakau Sedunia kemarin.

Lebih lanjut, merokok tidak hanya sebagai pemicu munculnya penyakit menular dan berbahaya. Akan tetapi khawatir juga, menjadi jembatan anak-anak dalam penyalahgunaan obat-obatan terlarang atau narkoba.

"Merokok juga jadi jembatan bagi penyalahgunaan obat-obatan terlarang atau narkoba," katanya.

"Ini membuat kita semua menjadi prihatin, karena perokok di Indonesia menjadi salah satu yang paling aktif untuk dilakukan, dibandingkan dengan negara-negara lain," tambahnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini