Upacara Hari Lahir Pancasila, Presiden Jokowi Pakai Baju Adat Tanah Bumbu

Binti Mufarida, Jurnalis · Selasa 01 Juni 2021 09:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 01 194 2418342 upacara-hari-lahir-pancasila-presiden-jokowi-pakai-baju-adat-tanah-bumbu-a7wEzRqhtp.jpg Presiden Jokowi gunakan baju adat Tanah Bumbu di Upacara Hari Lahir Pancasila (Foto : Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden)

Presiden Jokowi memakai baju adat Tanah Bumbu saat menjadi Inspektur Upacara dalam Peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (1/6/2021).

Sementara dalam sambutannya, Jokowi mengingatkan peringatan Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni harus dimanfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat, dalam berbangsa, dan dalam bernegara.

“Peringatan hari lahir Pancasila di setiap tanggal 1 Juni, harus benar-benar kita manfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat, dalam berbangsa, dan dalam bernegara,” tegasnya.

Presiden Jokowi

Jokowi mengatakan walaupun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan kita sepanjang Republik Indonesia ini berdiri, namun tantangan yang dihadapi Pancasila tidaklah semakin ringan. “Globalisasi dan interaksi antar belahan dunia tidak serta merta meningkatkan kesamaan pandangan dan kebersamaan,” katanya.

Baca Juga : Gaya Penampilan Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo saat Kunjungi Kalimantan

Jokowi juga mengajak masyarakat menjadikan pancasila sebagai pondasi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkeIndonesiaan.

“Saudara-saudara sebangsa dan seTanah Air menghadapi semua ini perluasan dan pendalaman nilai-nilai Pancasila tidak bisa dilakukan dengan cara-cara biasa. Diperlukan cara-cara baru yang luar biasa. Memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama revolusi industri 4.0,” kata Jokowi.

“Dan sekaligus Pancasila harus menjadi pondasi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkeIndonesiaan,” ungkap Jokowi.

Baca Juga : Gunakan Baju Koko dan Sarung Batik, Jokowi Salat Idul Fitri di Istana

Selain itu, Jokowi juga mengajak seluruh aparat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, kaum profesional, generasi muda Indonesia, dan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju yang kita cita-citakan.

“Selamat memperingati hari lahir Pancasila. Selamat membumikan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” ungkap Jokowi.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini