Sakit Kepala, Sembuhkan dengan 4 Ramuan Teh Ini Saja

Bertold Ananda, Jurnalis · Selasa 01 Juni 2021 08:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 01 481 2418321 sakit-kepala-sembuhkan-dengan-4-ramuan-teh-ini-saja-YsSN2ctxSJ.jpg Ilustrasi minuman teh. (Foto: Azerbaijan Stockers/Freepik)

SAKIT kepala merupakan salah satu gangguan kesehatan yang sangat dihindari banyak orang. Pasalnya, sakit kepala dapat menganggu aktivitas sehari-hari. Selain itu, membuat konsentrasi terganggu.

Bagi sebagian orang, jika mengalami sakit kepala tinggal mengonsumsi tablet, maka akan reda. Tapi ternyata cara itu tidak baik, karena obat mengandung efek kimia yang berdampak jangka panjang.

Meredahkan sakit kepala rupanya bisa disembuhkan dengan cara sederhana tanpa perlu mengonsumsi obat. Meminum secangkir teh rupanya dapat menyembuhkan sakit kepala parah, dan ini dinilai cara yang jauh lebih efektif.

Lalu teh apa yang bisa digunakan untuk meredahkan sakit kepala? Berikut beberapa campuran teh buatan sendiri yang dapat menyembuhkan sakit kepala, seperti dirangkum dari laman Times of India.

Baca juga: Sering Sakit Kepala Berulang, Jangan Disepelekan 

1. Teh kayu manis dan daun basil

Menurut praktisi kesehatan asal India dr Shilpi Kulshreshtha, menambahkan sejumput kayu manis dapat meringankan sakit kepala. Hal ini disebabkan kayu manis bertindak sebagai pereda nyeri alami dan sangat efektif dalam kasus sakit kepala.

"Demikian pula menambahkan daun basil ke dalam teh memiliki sifat anti-inflamasi dan bekerja sebagai pelemas otot untuk sakit kepala karena stres atau ketegangan," jelasnya.

Bahan-bahan:

- 1 batang kecil kayu manis

- 3 sampai 4 lembar daun basil

- 1 sampai 2 lembar daun mint

- 1,5 gelas air

Cara membuatnya:

Rebus air dan batang kayu manis selama 10 menit. Masukkan daun basil dan mint ke cangkir. Kemudian tuangkan ramuan kayu manis di atasnya dan tutup selama 2 menit.

Ilustrasi sakit kepala.

Baca juga: Sakit Vertigo Ternyata Bisa Diredakan dengan Gerakan Kepala 

2. Teh sari apel dan kunyit

Menurut ahli kuliner Chef Arun Karara, menambahkan sari apel mentah tanpa filter ke campuran teh dapat membantu menghilangkan lendir yang berlebihan sehingga mengurangi tekanan pada sinus.

"Kunyit dan jahe keduanya anti-inflamasi. Lada hitam juga berfungsi sebagai obat penghilang rasa sakit alami. Jadi, ini membantu menyembuhkan sakit kepala yang disebabkan penyumbatan sinus," terangnya.

Bahan-bahan:

- ¼ sendok teh air lemon

- ¼ sendok teh cuka sari apel

- ¼ sendok teh jahe potong

- -¼ sendok teh bubuk kunyit atau kunyit segar

- ¼ sendok lada hitam

- 1 cangkir air

Cara membuat:

Untuk membuat teh ini, didihkan air dan tambahkan semua bahan-bahan. Kemudian biarkan terendam selama 5 hingga 8 menit.

3. Teh cengkih dan jahe

Cengkih secara alami dapat menyembuhkan sakit kepala dan stres. Kemudian bisa meningkatkan sirkulasi darah. Cengkih sangat efektif mengontrol rasa sakit dan banyak digunakan untuk menghilangkan rasa sakit pada gigi. Sementara jahe juga dapat digunakan sebagai pereda mual.

Bahan-bahan:

- 2 buah cengkih

- 2 irisan jahe dipotong kecil

- 3 sampai 4 lembar daun mint

- 1 irisan lemon

- 1,5 cangkir air

Cara membuat:

Untuk menyiapkan teh ini, rebus air dengan irisan cengkih dan jahe selama 2 hingga 3 menit. lalu biarkan terendam selama 5 menit. Masukkan irisan daun mint dan lemon ke cangkir dan tuangkan ramuan di atasnya.

Teh. (Foto: Shutterstock)

Baca juga: Yuk Ketahui Perbedaan Sakit Kepala Biasa dan karena Covid-19 

4. Teh hibicus atau kembang sepatu

Menurut Alphina, pakar makanan dan minuman asal India, teh kembang sepatu dikemas dengan antioksidan yang membantu menyembuhkan sakit kepala. Ditambah lagi, minum ini juga bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Bahan-bahan:

- 5 lembar kelopak bunga kembang sepatu

- 15 ml air lemon (sesuai selera)

- 15 ml sirup gula merah

- 30ml air

- 4 hingga 5 daun mint untuk hiasan

Cara membuat:

Cuci bunga kembang sepatu dengan air dingin. Ambil kelopak bunganya saja, jangan gunakan kuncupnya karena rasanya akan terasa pahit. Masukkan 300 mililiter air ke blender dan tambahkan campuran kelopaknya untuk mendapatkan konsistensi yang halus. Di dalam gelas, taruh es batu, tuangkan kembang sepatu, tambahkan jus lemon dan tangkai mint di atasnya. Sirup gula untuk menghilangkan rasa astringen.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini