Luar Biasa, 4 Buah Ini Ampuh Memutihkan Gigi secara Alami

Siska Permata Sari, Jurnalis · Selasa 01 Juni 2021 08:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 01 481 2418331 luar-biasa-4-buah-ini-ampuh-memutihkan-gigi-secara-alami-gehDaJ2Vsi.jpg Ilustrasi buah-buahan. (Foto: Lifeforstock/Freepik)

MEMILIKI gigi yang putih dan sehat merupakan dambaan setiap orang. Gigi putih tidak hanya sehat, tetapi juga dapat menunjang penampilan, terlebih jika tersenyum.

Namun, ada kalanya warna gigi berubah seiring berjalannya waktu. Penyebabnya pun beragam, yakni kebiasaan merokok, jarang menyikat gigi, dan kerap mengonsumsi makanan atau minuman yang membuat gigi kuning.

Baca juga: Habis Minum Kopi Jangan Gosok Gigi, Ini Alasannya 

Beberapa makanan dan minuman penyebab gigi kuning di antaranya red wine, kopi dan teh, minuman berkarbonasi, buah berwara terang, serta permen. Namun sebaliknya, ada asupan sehat yang bisa memutihkan gigi secara alami.

Asupan tersebut di antaranya buah-buahan yang mengandung zat-zat tertentu untuk memutihkan gigi. Buah apa saja? Simak daftarnya, seperti dirangkum dari laman Healthline.

Gigi putih. (Foto: Racool Studio/Freepik)

1. Stroberi

Di urutan pertama ada buah stroberi. Buah mungil dan berwarna merah ini memiliki asam malat yang memiliki khasiat membantu mencerahkan gigi yang bernoda. Asam malat juga dapat meningkatkan produksi air liur yang pada gilirannya melindungi gigi dari kerusakan, penyebab umum perubahan warna gigi.

2. Semangka

Berikutnya ada buah semangka yang juga mengandung asam malat. Semangka diketahui memiliki lebih banyak asam malat daripada stroberi. Asam malat inilah yang berperan dalam mencerahkan gigi dan meningkatkan produksi air liur.

Baca juga: Trik Putihkan Gigi dengan Minyak Kelapa, Begini Caranya 

3. Nanas

Selanjutnya adalah buah nanas. Buah ini dapat melarutkan pelikel secara alami. Nanas mengandung enzim proteolitik yang disebut bromelain untuk memecah protein, termasuk yang ada di lapisan pelikel Anda. Palikel merupakan lapisan protein air liur yang tak hanya melindungi gigi, tetapi juga menyerap pigmen dari makanan.

4. Pepaya

Sama halnya seperti nanas, pepaya juga mengandung enzim proteolitik. Enzim dalam pepaya disebut papain yang juga memecah protein dan menurunkan lapisan pelikel Anda. Inilah yang membantu mengurangi noda dan melindungi gigi dari pembentukan plak.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini