Setahun WFH Sudah Terlalu Jenuh dan Burnout? Ini Sederet Cara Mengatasinya

MNC Media, Jurnalis · Selasa 01 Juni 2021 08:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 01 612 2418313 setahun-wfh-sudah-terlalu-jenuh-dan-burnout-ini-sederet-cara-mengatasinya-57jMYHlLCk.jpg Ilustrasi (Foto : Shutterstock)

Pandemi membuat orang harus membatasi kegiatan sehari-hari, termasuk dalam bekerja. Banyak perusahaan memberlakukan sistem Work From Home atau WFH.

Data dari BPS Juni 2020 menyebutkan 39,09 persen karyawan bekerja dari rumah sejak awal pandemi, sementara 34,76 lainnya menjalani kombinasi WFH dan bekerja dari kantor secara bergantian.

WFH bukan hanya berhasil membatasi mobilitas masyarakat sebagai bagian dari penanganan pandemi covid-19, tetapi juga menghindarkan orang dari stres dan kelelahan akibat perjalanan pulang pergi kantor. WFH juga memungkinkan orang menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarga dan menyalurkan hobi.

WFH

Di sisi lain, WFH menghilangkan batas antara waktu kerja dan waktu pribadi. Sebuah penelitian dari World Economy Forum mengungkapkan tiga kesimpulan, yaitu jam kerja lebih panjang, lebih banyak e-mail yang dikirimkan, dan waktu meeting lebih singkat. Banyak karyawan mengaku lebih lelah karena harus melakukan pekerjaan kantor dan rumah tangga secara bersamaan.

Akibatnya, banyak karyawan kelelahan mental. Kondisi kelelahan atau burnout akibat WFH adalah fenomena nyata. Dibutuhkan cara tepat untuk mengatasi kejenuhan atau burnout akibat WFH.

Berikut ini tips mengatasi kejenuhan itu.

Atur Waktu untuk Berolahraga Ringan

Saat jenuh atau lelah melanda, segera regangkan tubuh Anda untuk beberapa menit. Jika memungkinkan, berolahragalah di luar ruangan di pagi hari sambil tetap memerhatikan protokol kesehatan. Sinar matahari mengandung banyak vitamin D yang membuat tubuh terasa lebih segar.

Baca Juga : Potret Anindita Hidayat Pakai Bikini Coklat, 'Kembaran' Anya Geraldine Makin Hot!

Konsumsi Makanan dan Minuman Bergizi

Bekerja dari rumah sebenarnya memudahkan Anda untuk mengonsumsi makanan bergizi yang dimasak sendiri. Anda bisa menghindari jajanan di luar yang belum tentu terjaga nutrisi dan kebersihannya. Kandungan vitamin dan mineral dalam makanan bergizi membantu Anda memerangi rasa kelelahan akibat WFH.

Selingi dengan Aktivitas Kesukaan

Anda punya hobi bertanam, bersepeda, melukis, memasak, nonton, atau bermain game? Apa pun hobi Anda, lakukanlah di sela WFH. Atur waktu istirahat beberapa jam sekali untuk menyalurkan hobi selama 15 menit – 1 jam, terserah Anda. Hobi akan membuat kepenatan Anda berkurang dan pikiran Anda akan jadi lebih jernih setelah melakukan kegiatan yang Anda suka.

Kerja di Ruangan yang Terpisah dan Tenang

Seperti yang sudah dipaparkan di hasil penelitian di atas, banyak karyawan mengeluh bahwa mereka harus mengerjakan urusan kantor dan rumah tangga secara bersamaan. Akibatnya, rasa lelahnya pun jadi dua kali lipat. Jika sudah begini, berilah pengertian pada keluarga bahwa Anda membutuhkan waktu khusus untuk bekerja tanpa gangguan selama rentang waktu tertentu. Pisahkan juga ruangan kerja Anda dengan ruang rekreasi atau ruang yang bisa dijangkau anak-anak dan anggota keluarga lainnya.

Nah, jika tidak bisa bekerja tenang tanpa gangguan, Anda dapat mengatasi burnout akibat WFH dengan memanfaatkan promo Staycation Nyentrik di Mister Aladin. Anda bisa berhemat lebih banyak untuk menginap di hotel-hotel unik di berbagai daerah di Indonesia, mulai Rp150.000 saja.

Chief Operating Officer Mister Aladin, Nitha Sudewo mengatakan, promo ini dapat membantu banyak orang untuk menikmati suasana baru saat bekerja.

“Hotel-hotel yang termasuk dalam promo ini adalah hotel yang memiliki keunikan tersendiri. Ada yang berlokasi di area yang sejuk dan tenang, ada juga hotel-hotel yang Instagenic dan menyajikan beragam tema menarik, seperti suasana tradisional Indonesia, modern, suasana mirip di destinasi wisata luar negeri, dan masih banyak lagi. Kami yakin suasana hotel yang seperti ini dapat membantu orang menghilangkan kepenatan, bahkan mendatangkan inspirasi dan ide-ide baru dalam bekerja,” ujar Nitha Senin (31/05/2021).

Promo ini tentu saja hanya tersedia di Mister Aladin. Jadi, pastikan Anda segera pilih dan pesan hotel unik sesuai keinginan Anda untuk suasana WFH yang lebih menyenangkan dan anti burnout.

Butuh info lebih lanjut mengenai promo Staycation Nyentrik? Kunjungi https://www.misteraladin.com/promotions/hotelnyentrik dan ikuti media sosial Mister Aladin di Facebook (@MisterAladin), Instagram (@misteraladin), dan Twitter (@misteraladinid).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini