Viral Video Karyawan Sering Izin Sakit, Ini Tanggapan Pakar Kesehatan

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 01 Juni 2021 12:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 01 612 2418419 viral-video-karyawan-sering-izin-sakit-ini-tanggapan-pakar-kesehatan-XPndwnM1C3.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

Baru- baru ini beredar unggahan video di akun media sosial Twitter yang memperlihatkan seorang pria yang menjelaskan tentang tipe karyawan yang sering izin sakit. Unggahan tersebut kini menjadi viral dan menuai banyak komentar netizen lantaran pria tersebut menilai karyawan yang sering izin sakit hanya ingin mensabotase bisnis.

Unggahan viral tersebut direpost dari akun Twitter @taktekbum dari akun TikTok @tommcifle. Video singkat berdurasi 44 detik tersebut memperlihatkan dirinya tengah memakai kemeja hitam sambil memberikan penjelasan dengan penuh percaya diri.

Karyawan Ijin Sakit

“Tipe karyawan yang pertama adalah sering izin sakit. Saya tahu mungkin ada orang yang memang dikit-dikit sakit. Yang flu dikit-dikit, batuk dikit-dikit, panas dikit-dikit dan seterusnya. Pertanyaannya adalah jadi biasanya kalau ada anak buah sakit,” unggah pria dalam video tersebut.

“Pertanyaan saya nomor satu adalah bisa bangun gak? Bisa. Bisa jalan gak? Bisa. Bisa makan gak? Bisa. Bisa naik motor? Bisa. Berarti bisa ke kantor. Nah kebanyakan orang yang izin sakit, izin sakit, izin sakit, kebanyakan gak benar-benar sakit. Mereka hanya ingin mensabotase bisnis Anda,” tuntasnya.

Baca Juga : 5 Gaya OOTD Happy Salma, Artis Cantik Istri Keturunan Raja Bali

Baca Juga : Potret Anindita Hidayat Pakai Bikini Coklat, 'Kembaran' Anya Geraldine Makin Hot!

Menanggapi hal tersebut, Influencer Kesehatan sekaligus Dokter Relawan Covid-19, dr. Muhamad Fajri Adda’i mengatakan jika unggahan video tersebut dibuat sebelum masa pandemi, maka kondisi tersebut sangat bisa dipahami. Sebab ada cukup banyak orang yang beralasan sakit, atau pura-pura sakit atau berobat dan keesokan harinya menjadi malas masuk.

“Kita tidak bisa menuduh semua orang, tapi emang ada satu dua orang yang begitu. Jika video ini dibuat ketika era pandemi ada dua hal yang bisa menjadi baik, tapi bisa juga menjadi tidak. Bisa jadi baik karena ini bisa mengeritik orang yang suka kabur-kaburan kalau kerja,” terang dr. Fajri saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Selasa (1/6/2021).

Meski demikian, pernyataan di video tersebut bisa juga menjadi jadi salah paham. Sebab orang yang sedang tidak enak badan kan memang diharapkan dan diimbau untuk tidak masuk kerja supaya tidak menularkan di kantor.

“Di sinilah kritikal poinnya, bahwa kejujuran seseorang benar-benar diuji,” tuntas dr. Fajri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini