5 Cara Bersihkan Cumi-Cumi yang Benar agar Tak Bau Amis, Hidangan Makin Sedap!

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 02 Juni 2021 10:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 02 298 2418767 5-cara-bersihkan-cumi-cumi-yang-benar-agar-tak-bau-amis-hidangan-makin-sedap-BlVEhGHBrJ.jpg Cara bersihkan cumi-cumi yang benar (Foto : YouTube/Raja Vacation)

Cumi-cumi memiliki tinta hitam yang membuatnya lebih sulit untuk dibersihkan. Jika proses membersihkannya kurang tepat, bau amis dan sisa jeroan atau tulang yang masih menempel di cumi malah bisa bikin masakan jadi nggak enak.

Karenanya, mengutip akun Youtube Raja Vacation pada Rabu (2/6/2021), berikut ini adalah cara membersihkan cumi-cumi yang benar. Dengan demikian, hasil masakan pun akan terasa lebih nikmat.

Cumi-Cumi

1. Copot tulang cumi-cumi

Tulang punggung cumi-cumi ini berbentuk plastik yang memanjang. Jika sudah dicabut, alhasil cumi-cumi tersebut akan menjadi lebih lentur sebab tulangnya sudah tidak ada.

Baca Juga : Resep Cumi Panggang, Bikin Kamu Ingin Makan Terus

2. Tarik pelan-pelan kepala cumi-cumi

Pastikan Anda menarik kepala cumi-cumi secara perlahan. Sebab, jika menarik terlalu keras, kepala cumi-cumi bisa pecah alias bentuknya tidak utuh lagi.

Baca Juga : Resep Nasi Bakar Sambal Cumi Pete, Mantap Menggugah Selera

3. Buang kantung tinta cumi-cumi

Kantung tinta cumi-cumi berada satu garis dengan jeroan cumi-cumi. Karenanya, saat menarik kepala cumi-cumi, itu harus dilakukan secara perlahan. Karena kalau tidak, ini akan mengakibatkan kantung tinta cumi-cumi pecah dan menjadi hitam.

4. Buang gigi cumi-cumi

Caranya, tekan pelan-pelan sembari diputar supaya tidak pecah. Gigi cumi-cumi umumnya sangat kecil dan berwarna hitam.

5. Bersihkan bagian badan cumi-cumi

Setelah badan cumi-cumi bersih dari kepala dan jeroan, kini kita hanya perlu memeriksa apakah masih ada kotoran di tubuhnya. Jika sudah bersih, bilas dengan air mengalir.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini