Belum Banyak yang Tahu, 7 Manfaat Tauge untuk Kesehatan Tubuh

Nuralfiyyah Farhana, Jurnalis · Kamis 03 Juni 2021 03:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 02 298 2419239 belum-banyak-yang-tahu-7-manfaat-tauge-untuk-kesehatan-tubuh-UJ4Ujke308.jpg Tauge. (Foto: Freepik)

TAUGE adalah tumbuhan jenis kacang-kacangan. Tauge biasanya dihasilkan dari kacang hijau dan kedelai. Tauge berpenampilan putih ramping dengan sensasi garing saat dikunyang.

Tapi siapa sangka, tauge ternyata memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Apa saja ya manfaat itu?

Seperti dirangkum dari laman Organicfacts, berikut deretan manfaat tauge.

Baca juga: Rajin Makan Tauge, 3 Manfaat Kesehatan Ini Bakal Didapat 

1. Mengurangi kecemasan dan stres

Tauge mengandung vitamin C, zat seng, dan magnesium dalam jumlah yang banyak. Kandungan ini penting untuk menyeimbangkan suasana hati, menghilangkan kecemasan, serta meningkatkan kualitas tidur. Kemudian kandungan bioflavonoid memiliki kualitas penghilang stres.

Tauge (Foto: Way of China)

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Tauge mengandung flavonoid yang meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Kekebalan tubuh yang kuat akan membantu menyingkirkan infeksi dan membuat tubuh terlindungi dari banyak penyakit.

3. Menyehatkan jantung

Tauge merupakan sumber vitamin esensial yang banyak, salah satunya vitamin K. Kandungan inilah yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Vitamin K diperlukan untuk mencegah pembekuan darah dan menghambat penumpukan kalsium di pembuluh darah dalam rangka menghindari penyakit jantung.

Baca juga: 5 Manfaat Mengonsumsi Tauge Setiap Hari, Apa Saja? 

4. Membantu menurunkan berat badan

Tauge merupakan jenis makanan rendah kalori. Kandungan serat makanan di dalamnya akan membantu menghindari makan berlebihan dan merangsang perasaan kenyang yang selanjutnya membantu menurunkan berat badan.

5. Perawatan kulit

Tauge mengandung antioksidan tinggi, kandungan ini sudah dikenal baik untuk kulit. Senyawa fenolik yang terkandung dapat mengurangi aktivitas radikal bebas di seluruh tubuh. Antioksidan juga dapat membantu meminimalkan munculnya kerutan dan bekas luka, menghilangkan noda akibat stres oksidatif, serta meningkatkan elastisitas kulit agar terlihat lebih muda lebih lama.

Baca juga: Ngakak Abis, Pria Ini Gak Sadar Pakai Baju Kembaran Sama Taplak Meja Kondangan 

6. Baik untuk pencernaan

Tauge mengandung serat yang sangat baik untuk pencernaan. Sebab, serat makanan dapat membantu mengeluarkan tinja dan meningkatkan gerakan peristaltik. Ini juga akan meredakan perut kembung dan kembung berlebih, serta gejala sembelit serta diare.

7. Mencegah cacat lahir

Tauge mengandung asam folat dalam jumlah yang cukup. Ini bisa membantu ibu hamil menghindari cacat tabung saraf. Hubungan antara vitamin ini dapat membantu mencegah bayi lahir cacat. Kandungan suplemen folat sering diberikan kepada wanita hamil.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini