Lancarkan Pencernaan hingga Lawan Anemia, Makan Saja Kismis

Nuralfiyyah Farhana, Jurnalis · Kamis 03 Juni 2021 05:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 02 298 2419242 lancarkan-pencernaan-hingga-lawan-anemia-makan-saja-kismis-P7EFte9Fbk.jpg Kismis. (Foto: Topntp26/Freepik)

SIAPA sangka, kismis yang berukuran kecil dan tampilan keriput ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Rasa kismis juga manis, tidak seburuk penampilannya.

Nah, apa saja manfaat kesehatan kismis? Berikut penjelasannya, seperti dilansir laman Stylecraze, Kamis (3/6/2021).

Baca juga: Manfaat Yogurt untuk Kesehatan, Salah Satunya Merawat Gigi 

1. Melancarkan pencernaan

Mengonsumsi kismis secara rutin dapat memberi efek pencahar pada perut dan membantu meredakan sembelit. Pasalnya, kismis mengandung banyak serat yang baik.

Kismis. (Foto: Stylecraze)

2. Membantu melawan anemia

Kismis yang berukuran kecil ternyata mengandung banyak zat besi dan vitamin B kompleks. Kandungan ini sangat baik untuk membantu mengobati anemia atau kekurangan darah. Zat tembaga yang ada dalam kismis juga membantu memproduksi sel darah merah yang ada di tubuh.

3. Mencegah kanker

Kismis mengandung antioksidan bernama cateching. Kandungan inilah yang dapat membantu melindungi tubuh dari aktivitas radikal bebas yang dapat menyebabkan tumor dan kanker usus besar.

Baca juga: 5 Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan 

4. Mengobati infeksi

Mengonsumsi kismis secara rutin dapat membantu mengurangi risiko demam dan dapat membunuh bakteri jahat dalam tubuh. Sebab, kismis mengandung fitonutrien polifenol yang dikenal sebagai antioksidan dan antiinflamasi. Sifat antibakteri inilah yang dapat mengobati infeksi.

5. Baik untuk mata

Kismis kaya fitonutrien polifenol dan vitamin A. itu merupakan sumber antioksidan yang membantu menjaga penglihatan tetap kuat. Antioksidan dapat melindungi mata dengan mengurangi aksi radikal bebas yang melemahkan penglihatan dan menyebabkan degenerasi otot serta katarak. Kandungan Vitamin A, beta karoten, dan A karotenoid dikenal sangat baik untuk mata.

6. Baik untuk kesehatan mulut dan gigi

Kismis mengandung asam oleanolic yang merupakan salah satu fitokimia yang penting untuk menjaga gigi dari kerusakan, gigi berlubang, serta gigi rapuh. Kismis juga mengandung kalsium yang dapat mencegah gigi terkelupas atau patah.

Baca juga: 4 Alasan Seseorang Membutuhkan Pelatih Kebugaran 

7. Menaikkan berat badan secara sehat

Kismis kaya akan kandungan fruktosa dan glukosa. Kandungan inilah yang dapat memberi banyak energi. Kismis juga dapat membantu menambahkan berat badan tanpa mengakumulasi kolesterol jahat.

8. Baik untuk tulang

Kandungan kalsium di dalam kismis sangat baik untuk kesehatan tulang. Kalsium terkenal dapat membantu dari arthritis serta asam urat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini