5 Tips Jitu Bersepeda untuk Menurunkan Berat Badan

Bertold Ananda, Jurnalis · Rabu 02 Juni 2021 07:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 02 481 2418698 5-tips-jitu-bersepeda-untuk-bantu-menurunkan-berat-badan-HrxhL02LW0.jpg Olahraga bersepeda. (Foto: Heru Haryono/Okezone)

OLAHRAGA bersepeda merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan serta menyehatkan badan. Selain itu, bersepeda secara rutin juga bisa membantu menurunkan berat badan secara signifikan.

Apabila bosan dengan rutinitas olahraga di tempat gym, bersepeda dapat menjadi solusi. Nyatanya bersepeda bukan hanya kegiatan menyenangkan, tetapi juga merupakan bentuk latihan yang bagus untuk mengencangkan otot, memperkuat tulang, dan menurunkan berat badan.

Akan tetapi sebelum bersepeda, ada beberapa poin yang harus diperhatikan untuk mencapai tujuan menurunkan berat badan.

Berikut lima hal yang perlu diperhatikan bagaimana bersepeda secara efektif untuk menurunkan berat badan, seperti dinukil dari laman Times of India.

Baca juga: Ngadem di Minimarket, Perilaku Rombongan Pesepeda Lagi-lagi Jadi Sorotan 

1. Tentukan waktu yang dihabiskan

Pertama Anda harus ingat bahwa metabolisme setiap orang berbeda-beda. Anda wajib tahu dan memahami kebutuhan tubuh sebelum memulai rutinitas apa pun. Jumlah waktu yang dilalui untuk mengowes sepeda sangatlah penting ketika Anda coba menurunkan berat badan.

Sebagai referensi, 1 jam bersepeda bisa membantu Anda membakar hingga 500 kalori. Jadi jika bersepeda secara konsisten dan memiliki pola makan yang sehat, maka Anda akan bisa membakar lemak lebih banyak dari 500 kalori dalam seminggu.

Ilustrasi menurunkan berat badan. (Foto: Drobotdean/Freepik)

2. Atur waktu saat bersepeda

Jika Anda telah memutuskan menurunkan berat badan dengan bersepeda, maka rencanakan dengan matang dan mulailah lakukan secara rutin. Lakukan aktivitas bersepeda setiap pagi sebelum sarapan.

Berdasarkan hasil penelitian, mengendarai sepeda dengan perut kosong membantu membakar lemak 20 persen lebih cepat dan efektif. Ini juga akan menyegarkan pikiran dan mengisi energi dengan cepat untuk memulai hari-hari Anda.

Baca juga: Yuk Ketahui 6 Etika Dasar Bersepeda di Jalan Raya 

3. Tentukan rute perjalanan jarak jauh Anda

Tantang tubuh untuk terus berolahraga sepeda dan tentukan rute perjalanan jarak jauh Anda. Perjalanan yang lebih lama baik untuk menghilangkan lemak dalam perut. Bersepedalah di jalan yang tidak terlalu ramai, sehingga Anda dapat melakukannya lebih lama dan membakar lemak tubuh dengan mudah.

Akan tetapi ingat, jangan terlalu memaksakan diri. Jika dalam perjalanan Anda mulai lelah, segera istirahat, setelah itu kembali mengowes sepeda sampai tempat tujuan.

4. Lakukan gowes dengan menanjak

Setelah merasa nyaman bersepeda di jalan lurus, cobalah naik sepeda di tanjakan. Anda harus mendorong lebih keras untuk naik menanjak dan itu juga akan membantu membakar lebih banyak kalori serta menurunkan berat badan lebih cepat.

Baca juga: 4 Jenis Peregangan untuk Atasi Nyeri Otot Setelah Bersepeda 

5. Atur postur tubuh saat bersepeda

Postur yang benar dalam bersepeda adalah kunci menurunkan berat badan. Pastikan bersepeda dalam postur tubuh yang tepat, kecepatan, cengkeraman, dan kecepatan yang benar. Hal-hal ini sangat penting ketika mencoba untuk menurunkan berat badan.

Terlepas dari semua hal ini, atur juga pola makan Anda dengan baik dan berolahraga secara rutin untuk mendapatkan hasil yang memuaskan dalam penurunan berat badan. Fokus Anda sebenarnya tidak hanya menurunkan berat badan, tetapi juga menerapkan pola hidup sehat dan bugar.

Bersepeda. (Foto: Arthur Hidden/Freepik)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini