WHO Setuju Penggunaan Vaksin Sinovac, Jamaah Haji Indonesia Bisa Masuk Arab Saudi?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 02 Juni 2021 12:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 02 481 2418828 who-setuju-penggunaan-vaksin-sinovac-jamaah-haji-indonesia-bisa-masuk-arab-saudi-X2T13XivKB.jpg Vaksinasi Covid-19 (Foto: Reuters)

World Health Oragnization (WHO) telah memvalidasi vaksin buatan Sinovac – CoronaVac ke dalam daftar Emergency Use Authorization (WHO) pada Selasa (1/6/2021). Pengumuman tersebut tentunya membuat para jamaah haji yang telah divaksin menggunakan Sinovac bisa masuk ke wilayah Arab Saudi sesuai dengan aturan yang berlaku.

Sebagaimana diketahui, Arab Saudi belum mengizinkan masuk jamaah haji yang telah disuntik vaksin Sinovac lantaran vaksin produksi itu belum mendapatkan sertifikasi dari WHO. Sejumlah vaksin yang sebelumnya telah masuk ke dalam EUA adalah Pfizer/BioNTech, Astrazeneca-SK Bio, Serum Institute of India, AstraZeneca EU, Janssen, Moderna, dan Sinopharm.

 naik haji

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi menjelaskan, para jamaah haji baru bisa masuk ke wilayah Arab Saudi jika telah divaksinasi menggunakan vaksin yang telah memenuhi standar WHO.

“Sesuai surat dikatakan untuk memasuki wilayah Arab Saudi harus menggunakan vaksin yang rekomendasi WHO/ yang EUL list,” terang Dokter Siti, saat dihubungi, Rabu (2/6/2021).

Rekomendasi WHO terhadap vaksin Sinovac tentunya membuat para jamaah haji yang hendak beribadah ke Tanah Suci berkesempatan untuk masuk wilayah Arab Saudi sesuai dengan syarat dan aturan yang ditetapkan.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini