Pakar Sebut Bangun Pagi Baik untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Antara, Jurnalis · Rabu 02 Juni 2021 12:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 02 481 2418852 pakar-sebut-bangun-pagi-baik-untuk-kesehatan-fisik-dan-mental-Ed0dQOdI8L.jpg Ilustrasi bangun pagi (foto: shutterstock)

JAKARTA - Psikolog anak dan remaja Saskhya Aulia Prima menuturkan manfaat dari bangun pagi, yakni membuat fisik dan mental lebih sehat sehingga risiko depresi menurun, menciptakan pola pikir yang lebih positif serta dapat mengatur emosi secara lebih baik.

"Mindset positif membuat seseorang jadi optimistis, manajemen emosi lebih baik meningkatkan kemampuan sosial, orang jadi lebih asertif," kata psikolog lulusan Magister Profesi Fakultas Psikologi Universitas Indonesia dalam bincang-bincang virtual, Rabu.

Ketika seseorang terbiasa untuk punya rutinitas sejak pagi, dia akan memiliki waktu tenang untuk diri sendiri karena ada waktu luang sebelum memulai aktivitas seperti bekerja dari rumah.

Baca Juga: Tangan Sering Berkeringat Tanda Penyakit Jantung, Mitos atau Fakta?

Kebiasaan bangun pagi juga memudahkan perencanaan dan persiapan hari sehingga beragam tugas bisa diselesaikan karena Anda sudah memikirkan alokasi waktu untuk setiap kegiatan. Dengan demikian, produktivitas juga tetap terjaga dan emosi menjadi lebih stabil karena hati lebih tenang berkat perencanaan yang lebih matang. Selain itu, rutinitas pagi dibutuhkan untuk membangun kebiasaan yang sehat.

Bukan berarti Anda harus langsung bekerja ketika membuka mata di pagi hari. Setidaknya segera beranjak dari tempat tidur ketika alarm berbunyi dan jangan berlama-lama memperpanjang alarm (snoozing).

Baca Juga:  Jangan Acuhkan Gejala Dislipidemia, Dampaknya Penyumbatan Pembuluh Darah

Co-founder @TigaGenerasi itu menyarankan untuk melakukan kegiatan yang membantu ketengangan diri pada pagi hari, seperti beribadah atau bermeditasi. Olahraga ringan atau kegiatan yang membutuhkan gerak tubuh juga bisa jadi agenda harian yang cocok setelah bangun tidur. Anda pun bisa membaca beberapa lembar buku, journalling serta mengonsumsi makanan dan minuman bernutrisi.

"Biasakan bangun di jam yang sama setiap hari dan merencanakan hari dari sehari sebelumnya," jelas dia.

Dengan membuat perencanaan, Anda tidak perlu kelabakan dan tergesa-gesa saat memulai hari. Dia tidak menyarankan untuk melakukan aktivitas yang membuat Anda terburu-buru dan dikejar target, atau langsung berkutat dengan gawai demi pagi yang lebih nyaman dan damai.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini