Amankan Pasokan Vaksin Covid-19 Gratis, GAVI Terus PDKT Sinovac

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 02 Juni 2021 16:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 02 481 2418991 amankan-pasokan-vaksin-covid-19-gratis-gavi-terus-pdkt-sinovac-p2HEPjQaZo.jpg Vaksin Covid-19 (Foto: Apa)

BERBAGAI upaya tengah dilakukan aliansi vaksin GAVI demi mengamankan jumlah pasokan vaksin Covid-19.

Pasokan vaksin Covid-19 tersebut, tak lain adalah pasokan vaksin yang nantinya akan disalurkan oleh WHO dan GAVI melalui program pendistribusian vaksin Covid-19 gratis ke negara-negara miskin dan negara-negara berkembang di berbagai penjuru dunia, agar pengadaan vaksin dan program vaksinasi nasional bisa lebih merata.

 Vaksin Covid-19

Usaha teranyar aliansi GAVI untuk terus mendapatkan pasokan vaksin Covid-19, salah satunya dengan melakukan pendekatan (PDKT) ke perusahaan produsen vaksin asal China, Sinovac Biotech. Tak lama usai Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengeluarkan persetujuan terkait vaksin Covid-19 Sinovac.

Mengutip Reuters, Rabu (2/6/2021) dari keterangan juru bicara GAVI, aliansi vaksin tersebut diketahui saat ini tengah berdiskusi dengan Sinovac Biotech terkait pasokan vaksin, agar bisa memperluas portofolio pembagian dosis vaksin lewat program COVAX.

“GAVI, atas nama program fasilitas COVAX sedang berdialog dengan beberapa produsen, termasuk Sinovac, untuk memperluas dan mendiversifikasi portofolio lebih lanjut dan mengamankan akses ke dosis vaksin tambahan untuk para peserta fasilitas,” bunyi keterangan juru bicara GAVI hari ini.

Untuk diketahui, bersama negara miskin dan negara berkembang lainnya di dunia, Indonesia termasuk dalam daftar negara penerima vaksin Covid-19 gratis dari program COVAX besutan WHO dan GAVI tersebut.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini