3 Perubahan Gaya Hidup yang Dapat Meningkatkan Imunitas

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 02 Juni 2021 17:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 02 481 2419067 3-perubahan-gaya-hidup-yang-dapat-meningkatkan-imunitas-1hEqKu440p.jpg Tidur nyenyak (Foto: Healthline)

SISTEM imunitas terdiri dari pasukan sel dan protein bawaan kita yang mendeteksi, mencatat, dan melindungi tubuh dari benda asing apa pun yang mungkin telah menyerang atau memasukinya.

Sistem imunitas bertanggung jawab untuk menjaga kita tetap sehat dan bebas penyakit. Kekuatan sistem imunitas juga menentukan kapasitas seseorang untuk mengatasi berbagai tantangan fisik, emosional, dan lingkungan.

Dengan pandemi Covid-19 yang merajalela di seluruh dunia, kita perlu fokus untuk membangun kekebalan kita dan secara aktif mencari gaya hidup yang sehat. Namun, itu tidak semudah kedengarannya.

Sistem imunitas adalah jaringan kompleks dari beberapa jenis sel, masing-masing memainkan peran mereka dalam mempertahankan tubuh melawan mikroba berbahaya.

Yoga dan meditasi terbukti dapat meningkatkan kekebalan tubuh serta menjaga keseimbangan hormon. Latihan yoga memiliki berbagai asana dan serangkaian pose yang menargetkan kelompok otot dan organ yang berbeda, tanpa meninggalkan bagian tubuh yang tidak tersentuh.

Memasukkannya ke dalam rutinitas harian Anda dapat mengkatalisasi pertumbuhan dan memperkuat kekebalan Anda. Selain praktik naturopati, berikut adalah langkah-langkah kecil yang dapat Anda ambil untuk meningkatkan sistem imunitas seperti dilansir Femina India.

makan sehat

1. Makan sehat

Pepatah yang mengatakan 'Anda adalah apa yang Anda makan' itu benar adanya. Kebiasaan makan yang tidak diperhatikan adalah alasan utama untuk menghambat pertumbuhan sistem kekebalan Anda.

Berikan nutrisi pada tubuh Anda dengan makanan sehat yang kaya vitamin dan berikan serat dalam jumlah yang cukup. Ingat sistem kekebalan Anda tidak ada hubungannya dengan penampilan tubuh Anda.

Untuk hati yang sehat, sayuran seperti kale, brokoli dan kubis harus dimasukkan dalam makanan sehari-hari. Hati yang sehat memastikan proses detoksifikasi alami tubuh.

2. Tidur nyenyak

Menyelaraskan siklus tidur Anda adalah salah satu hadiah terbesar yang dapat Anda berikan kepada tubuh Anda. Tubuh membutuhkan sekitar 8 jam tidur nyenyak untuk meremajakan sistemnya. Harus diingat bahwa tidak hanya 8 jam tidur, tetapi jam tidur yang tepat juga penting.

Seringkali kita stres dengan begadang sampai jam 3 pagi sehingga mengganggu fungsi normal tubuh kita yang berujung pada obesitas, stres, ketidakseimbangan emosi dan penyakit lainnya.

3. Olahraga

Berolahraga secara teratur telah terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Olahraga teratur memobilisasi sel T, sejenis sel darah putih yang menjaga tubuh dari infeksi.

Namun, latihan terus menerus dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, membuat Anda rentan terhadap flu dan infeksi virus. Rendahnya tingkat Vitamin D dalam tubuh telah disebut sebagai salah satu alasan signifikan untuk masalah pernapasan.

Jalan cepat di bawah sinar matahari selama 10-15 menit juga akan memastikan bahwa cukup vitamin D yang diproduksi dalam tubuh. Ini adalah hal sederhana namun sangat efektif dalam rutinitas harian Anda. Kuncinya adalah mendengarkan dengan seksama tubuh Anda dan hidup sadar, secara konsisten.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini