5 Minuman Detoks untuk Menurunkan Berat Badan, Cocok untuk Program Diet

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 02 Juni 2021 19:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 02 481 2419135 5-minuman-detoks-untuk-menurunkan-berat-badan-cocok-untuk-program-diet-P8GfMF3HT7.jpg Ilustrasi minuman detoks. (Foto: Freepik)

MINUMAN detoks ternyata cukup efektif untuk program menurunkan berat badan. Pasalnya, minuman detoksifikasi membuat pencernaan bekerja lebih baik. Sistem pencernaan yang lancar adalah kunci penurunan berat badan yang sehat.

Minuman detoks juga membantu mengeluarkan racun dari tubuh dan memberikan dorongan yang cukup besar untuk metabolisme tubuh. Metabolisme serta sistem pencernaan yang baik dapat membantu Anda mencapai tujuan penurunan berat badan dengan mudah.

Dikutip dari laman Feminaindia, Rabu (2/6/2021), berikut lima minuman detoks yang bisa Anda minum saat perut kosong untuk menurunkan berat badan.

Baca juga: 5 Rekomendasi Jus Buah dan Sayuran untuk Percepat Pemulihan Covid-19 

1. Air kayu manis dan madu

Mengonsumsi madu sebelum tidur dapat membantu Anda membakar lebih banyak kalori selama jam-jam awal tidur. Madu diperkaya dengan vitamin esensial, mineral, dan lemak sehat juga. Kandungan penting dalam madu menekan nafsu makan dan membantu penurunan berat badan.

Sementara kayu manis membantu menurunkan lemak visceral dan mendukung penurunan berat badan. Sifat antimikroba dan antiparasit dari kayu manis menjadikannya salah satu rempah tersehat sepanjang masa. Ini mencegah pilek, alergi, kolesterol, infeksi kandung kemih, dan lain-lain.

2. Air jintan dan lemon

Jintan dapat membantu membakar kalori lebih cepat dengan meningkatkan kecepatan metabolisme dan pencernaan. Rendam biji jintan atau jeera semalaman, kemudian rebus air beserta bijinya.

Tiriskan bijinya dan minum air dalam keadaan hangat, tambahkan setengah air jeruk nipis ke dalam minuman detoks, dan minum sebagai minuman pertama pagi hari.

Baca juga: Ini Dia Deretan Sayuran yang Baik Dijadikan Smoothie 

3. Air ketumbar

Ketumbar merangsang enzim yang dikenal dapat meningkatkan sistem pencernaan. Ini juga merupakan sumber serat yang baik. Minuman detoks ini sarat dengan mineral dan vitamin, kalium, zat besi, magnesium, kalsium, asam folat, dan vitamin A, K, C.

Rebus air dengan satu sendok makan biji ketumbar di dalamnya. Didihkan, matikan api, dan biarkan dingin semalaman. Saring airnya keesokan paginya dan air ketumbar Anda sudah siap.

4. Air akar wangi

Vetiver atau akar wangi dikenal karena sifatnya yang mendinginkan. Sangat mudah untuk membuatnya dengan merebus akarnya yang wangi dalam air. Minumlah sekali sehari setelah menyaring airnya. Minuman detoks ini sangat cocok untuk menurunkan berat badan, relaksasi saraf, dan mengobati insomnia.

Air akar wangi juga bagus untuk kulit dan hati. Cara lain untuk menggunakan akar vetiver adalah melalui minyak esensial yang diekstraksi. Ini memiliki manfaat antiseptik, dan ketika digunakan pada kulit serta rambut dapat membersihkan, menyehatkan, dan menyembuhkan.

Baca juga: Segar dan Menyehatkan, 3 Minuman Khas Binjai Ini Cocok untuk Buka Puasa 

5. Air fenugreek

Fenugreek atau kelabat adalah sumber banyak vitamin dan mineral bermanfaat seperti zat besi, magnesium, mangan, tembaga, vitamin B6, protein, serta serat. Ini juga mengandung sifat antioksidan dan anti-inflamasi.

Sebagian besar manfaat kesehatan fenugreek berkat adanya saponin dan serat di dalamnya. Dikarenakan kandungan seratnya yang berkualitas tinggi, fenugreek membantu pencernaan dan mencegah sembelit.

Anda hanya perlu merendam beberapa biji fenugreek semalaman dan meminum airnya di pagi hari saat perut kosong. Tiriskan saja bijinya dan minum airnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini