4 Cara Mencegah Kecemasan Finansial Selama Pandemi Covid-19

Bertold Ananda, Jurnalis · Rabu 02 Juni 2021 08:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 02 612 2418713 4-cara-mencegah-kecemasan-finansial-selama-pandemi-covid-19-y4cKEBXgGv.jpg Ilustrasi mengatur finansial. (Foto: Shutterstock)

ANDA pasti turut merasakan bahwa pada 2020 sampai 2021 ini merupakan tahun yang sangat sulit. Pandemi covid-19 mengubah banyak hal dan lini kehidupan, termasuk finansial atau keuangan.

Sektor finansial memang sangat terdampak pandemi covid-19 ini. Harga kebutuhan pokok mendadak naik, kemudian hal lainnya juga berdampak pada keuangan.

Baca juga: Selama Pandemi Covid-19 Karyawan Lebih Mudah Sakit, Begini Pendapat Dokter 

Ini merupakan tantangan besar bagi semua orang untuk tidak menyerah pada kedaaan, mengatasi kecemasan serta tekanan batin yang berlebihan.

Sementara di masa-masa sulit seperti ini sangat penting untuk menghadapi tantangan dengan mengatur keluangan.

Ilustrasi pandemi covid-19. (Foto: Okezone)

Nah, penulis asal India Sameer Bhide membagikan empat tips yang dapat membantu mengatasi stres, kesulitan, ketidakpastian keuangan, dan mendapatkan kendali atas kehidupan yang lebih baik.

Apa saja tips ampuh tersebut? Berikut pemaparannya, seperti dirangkum dari laman Times of India.

1. Prioritaskan tujuan keuangan

Mulai sekarang atur dan prioritaskan tujuan keuangan Anda. Jangan mengambil keputusan secara sembarangan. Ini bisa mengarah pada kebutuhan prioritas yang salah tempat. Kemudian menimbulkan kecemasan dan stres finansial.

Baca juga: Perokok Bisa Alami Gejala Covid-19 Lebih Parah Loh 

2. Fokus pada hal-hal yang dapat Anda lakukan

Salah satu aspek terpenting dalam menghadapi kecemasan dan stres adalah mengidentifikasi hal-hal yang dapat dan tidak dapat dikendalikan. Kemudian fokus pada hal-hal yang menjadi dasar dari permasalahan tersebut, kemudian selesaikan masalah, lalu mengatasinya dengan berfokus pada satu perubahan yang dapat dilakukan pada satu waktu. Misalnya, pendapatan atau sumber keuangan mungkin mengering, tetapi tabungan adalah sesuatu yang dapat dikendalikan, dan ini harus menjadi fokus.

3. Mengatur ulang strategi keuangan, mengantisipasi kondisi terburuk

Menerka situasi terburuk dan berharap yang terbaik adalah salah satu strategi yang dapat diandalkan ketika menghadapi kesulitan dalam bentuk apa pun. Penting bagi Anda untuk melihat solusi jangka panjang yang efektif, baik secara umum maupun dalam menghadapi krisis di masa depan.

Baca juga: Klaster Halalbihalal, Ini 7 Kewajiban RT yang Kena Micro Lockdown 

4. Mencari bantuan profesional

Ini berlaku untuk uang dan kesehatan mental. Saat menghadapi kecemasan, ada banyak bagian tubuh yang menganggu seperti panik, gangguan tidur, atau tekanan fisik secara keseluruhan. Saat menghadapi krisis, sangat penting untuk Anda berada dalam kondisi fisik dan mental terbaik dalam menghadapinya. Cari bantuan kesehatan jika Anda mengalami kecemasan.

Meskipun terus menghadapi krisis ekonomi dan kesehatan yang sedang berlangsung, tidak dapat dihindari bahwa harus mempertimbangkan faktor-faktor tersebut untuk memastikan bisa menghadapi serta mengatasi krisis dengan pikiran positif dan tubuh sehat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini