Kaya Mendadak, Nelayan Ini Temukan Ambergris Rp22 Miliar di Bangkai Ikan Paus

Ahmad Haidir, Jurnalis · Rabu 02 Juni 2021 21:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 02 612 2419198 kaya-mendadak-nelayan-ini-temukan-ambergris-rp22-miliar-di-bangkai-ikan-paus-7tYLuz6PSL.jpg Ilustrasi ikan paus. (Foto: Wirestock/Freepik)

SEKELOMPOK nelayan di Yaman mendadak kaya raya setelah menemukan "harta karun" ambergris di bangkai ikan paus yang terdampar di pinggir pantai. Ambergris adalah zat padat, lilin, mudah terbakar dengan warna abu-abu kusam atau kehitaman yang dihasilkan dalam sistem pencernaan paus sperma. Ambergris biasanya dimanfaatkan untuk bahan parfum.

Berdasarkan cerita seorang nelayan, kejadian ini bermula saat seorang nelayan dari Suriah memberi tahu sekelompok nelayan tersebut mengenai adanya bangkai ikan paus yang terdampar di pinggiran Pantai Teluk Aden, Yaman.

Baca juga: Wow, Nelayan Ini Temukan "Ambergris" 7 Kg Seharga 4 Miliar 

"Salah satu nelayan dari Suriah menelepon kami di pagi hari dan dia berkata, 'Ada ikan paus dan mungkin berisi ambergris'," ujar sang nelayan, seperti dikutip dari laman BBC, Rabu (2/6/2021).

Info grafis ambergris muntahan ikan paus. (Foto: Okezone)

Mendapat informasi tersebut, para nelayan dari Yaman kemudian mendatangi lokasi yang dimaksud. Saat makin dekat dengan bangkai paus itu, baunya tercium sangat kuat, dan mereka menduga ada sesuatu yang berharga di dalamnya.

Para nelayan kemudian membawa bangkai paus tersebut ke pantai, lalu membedah tubuhnya untuk melihat apa yang ada di dalamnya. Benar saja, mereka menemukan benda berharga di dalam perut ikan paus tersebut.

Baca juga: Nelayan Thailand Kaya Mendadak, Temukan Muntahan Paus Terbesar Seharga Rp45 Miliar 

"Baunya sangat tidak sedap, tetapi di dalamnya ada banyak uang. Jika Anda menemukan ikan paus ambergris, itu adalah harta karun," tambah nelayan tersebut.

"Ketika kami menemukan ambergris, saya merasa sangat bahagia," kata seorang nelayan lainnya.

Seperti diketahui, ambergris adalah zat yang cukup langka yang hanya bisa dihasilkan oleh ikan paus jenis paus sperma. Ambergris bernilai sangat mahal, karena menjadi salah satu zat yang paling dicari yang digunakan dalam industri parfum.

Para nelayan tersebut kemudian menjual zat ambergris senilai 1,5 juta dolar Amerika Serikat atau sekira Rp22 miliar, lantas dibagi rata di antara mereka. Selain itu, nelayan-nelayan tersebut juga memberikan uang kepada beberapa orang yang membutuhkan bantuan di desa.

Baca juga: Ini Tempat Terbaik Mengamati Ikan Paus 

Penemuan "harta karun" tersebut tentu saja membuat mereka mendadak kaya raya. Beberapa dari nelayan tersebut menyatakan uangnya untuk membeli rumah atau mobil, bahkan ada juga yang berencana segera menikah.

Terlepas dari keberuntungan yang baru saja didapat, mereka menyatakan akan terus memancing dan menjadi seorang nelayan.

Ambergris muntahan ikan paus. (Foto: BBC)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini