7 Cara Mudah dan Sehat Cegah Gejala Hipertensi

Bertold Ananda, Jurnalis · Kamis 03 Juni 2021 07:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 03 481 2419290 7-cara-mudah-dan-sehat-cegah-gejala-hipertensi-xsw34Y6kEO.jpg Ilustrasi hipertensi. (Foto: Prostooleh/Freepik)

HIPERTENSI atau tekanan darah tinggi adalah kondisi di mana tekanan darah naik melampaui batas 140/90. Terkadang gejala hipertensi juga tidak dapat diprediksi dan tak menimbulkan gejala apa pun.

Hal tersebut harus menjadi perhatian penting bagi semua orang. Hipertensi jika tidak ditangani dengan sigap akan berdampak buruk terhadap kesehatan, seperti menimbulkan serangan jantung dan stroke.

Jumlah kasus hipertensi berawal dari stres karena tekanan kerja yang berlebihan, persaingan, pola makan yang berantakan dan tidak sehat, serta gaya hidup tidak seimbang.

Sementara tekanan pekerjaan dan persaingan tidak bisa dikontrol karena itu semua di luar kendali. Tapi jangan takut, kita bisa mencegah dan mengontrolnya melalui pola hidup dan kebiasaan makan, kemudian diimbangi pola tidur.

Saat mulai menyeimbangkannya, gejala hipertensi tersebut tidak akan muncul. Nah, berikut ini tujuh cara mudah dan sehat mencegah gejala hipertensi, seperti dirangkum dari laman Times of India.

Baca juga: Banyak Tak Disadari Penderita, Berapa Banyak Garam Sehari agar Tak Hipertensi? 

1. Makan makanan sehat

Menurut para ahli, cara termudah untuk mencegah hipertensi adalah menjalankan pola makan yang dikenal dengan Dietary Approaches to Stop Hypertension (DASH). Di bawah rencana diet ini, seseorang harus makan biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan produk susu rendah lemak. Hindari makanan berlemak jenuh serta kaya kolesterol.

Ilustrasi hipertensi.

2. Makanan kaya kalium

Ingat, ketika Anda meningkatkan kandungan kalium dalam makanan, itu akan mengurangi efek natrium pada tekanan darah. Sumber potasium yang paling mudah ditemukan berupa buah-buahan dan sayuran segar seperti kismis kering, aprikot, kacang-kacangan, lentil, kentang, dan alpukat.

3. Kurangi asupan natrium

Telah terbukti bahwa bahkan pengurangan kecil natrium dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi tekanan darah sebesar 5 hingga 6 mmHg. Menurut para ahli, asupan natrium yang lebih rendah 1.500 mg sehari atau kurang disarankan untuk orang dewasa.

Baca juga: Waspada! Hipertensi Bisa Menyerang Anak Muda, Ini Cara Mencegahnya 

4. Hindari makanan kemasan dan olahan

Baru-baru ini WHO telah menurunkan kadar natrium makanan kemasan dan olahan, karena banyak ditemukan kasus kematian akibat tekanan darah tinggi terjadi karena asupan natrium yang berlebihan melalui makanan dalam kemasan. Jadi untuk menjaga hipertensi tetap terkendali, penting bagi Anda untuk mengurangi atau berhenti mengonsumsi makanan dalam kemasan.

5. Jangan minum alkohol

Secara alamiah segala sesuatu yang berlebihan itu akan berdampak buruk dan aturan dan itu berlaku pada minuman beralkohol. Sebisa mungkin tidak minum alkohol. Jika dilakukan, bisa menurunkan tekanan darah hingga 4 mmHg.

Baca juga: Stroke, Hipertensi hingga Diabetes Kerap Terjadi Pasca-Lebaran 

6. Kurangi kafein

Mengonsumsi kafein secara berlebihan ternyata dapat meningkatkan tekanan darah hingga 10 mmHg, oleh karena itu disarankan untuk mengurangi asupan kafein. Lalu yang menjadi perhatian khusus hindari mengonsumsi kafein saat perut kosong.

7. Hindari merokok

Sudah diketahui secara jelas bahwa merokok berbahaya bagi kesehatan jantung dan stroke dan bahkan lebih berbahaya bagi mereka yang menderita hipertensi. Setiap isapan rokok meningkatkan tekanan darah selama beberapa menit dan butuh berjam-jam untuk mengembalikannya menjadi normal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini