Step by Step Face Yoga yang Tepat, Jangan Asal Pijat!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 03 Juni 2021 20:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 03 611 2419729 step-by-step-face-yoga-yang-tepat-jangan-asal-pijat-8b3seRawiS.jpg Step by step face yoga (Foto : Tangkapan Layar Webinar)

MELAKUKAN face yoga adalah bentuk Anda menyayangi diri sendiri. Jadi, selain menentukan skincare terbaik untuk kulit wajah, Anda disarankan menyisipkan treatment face yoga supaya hasil perawatan kulit wajah lebih maksimal.

Face yoga pada dasarnya sederhana untuk dilakukan. Kuncinya ada di kesadaran Anda dalam melakukan setiap langkah-langkahnya, senang melakukan aktivitas tersebut, dan serasi dengan pernapasan.

Hal tersebut yang coba disampaikan Certified Yoga Teacher Tsamara Fahrana P, "Face yoga itu bagian dari bagaimana Anda mencintai dan menyayangi diri sendiri. Bukan hanya baik untuk kesehatan kulit tapi juga untuk ketenangan diri," katanya dalam webinar, Kamis (3/6/2021).

Baca Juga : Manfaat Face Yoga untuk Kulit Wajah dan Mental yang Sehat

Nah, agar manfaat face yoga benar-benar Anda rasakan, Tsamara coba memberikan langkah-langkah melakukan face yoga yang benar. Berikut penjelasannya:

Face Yoga

1. Awali face yoga dengan bernapas secara sadar. Tarik napas, hembuskan napas.

2. Mulai aplikasikan skincare dengan membentuk huruf T di t-zone wajah Anda. Mulai dari dahi kiri ke dahi kanan. Lalu, dari tengah dahi ke hidung.

3. Kemudian aplikasikan skincare di bawah mata, cukup ditotol-totol.

4. Lakukan senyuman dan Anda akan lihat garis senyum di sekitar hidung dan mulut. Aplikasikan skincare di area tersebut juga.

5. Jangan lupa aplikasikan skincare di dagu dan rahang, serta di leher. "Kadang kita lupa sama leher, jadi jangan sampai dilupakan lehernya," kata Tsamara.

6. Jika semua area wajah sudah siap dengan skincare, tarik napas dan hembuskan napas kembali ke momen ini.

7. Lakukan pergerakannya selaras dengan napas dimulai dari menarik lengan dari dahi kiri ke kanan. Boleh sembari memejamkan mata untuk mendapatkan sensasinya. Setiap hembuskan napas lebih panjang dari menarik napas untuk merilekskan diri.

8. Lalu, ke bagian hidung. Setiap menurunkan telapak tangan di atas hidung, jangan lupa tarik napas dan hembuskan napas.

9. Untuk area pipi, gerakkan telapak tangan dari pipi dalam (dekat dengan hidung) ke ujung dekat telinga. Begitu juga sebaliknya. "Biasa self-care buru-buru kali ini kita lakukan slow down, ya," sarannya.

10. Bagian rahang pun lakukan gerakan dari dagu ke rahang menuju telinga. Dan yang terakhir, bagian leher dari tengah ke telinga.

11. Jika semua skincare sudah merata diaplikasikan, saatnya mulai gerakan lain yaitu penekanan di beberapa titik dimulai dari area sekitar mata dengan menekan lembut pakai jari telunjuk.

"Ini membantu membangunkan mata kita supaya kita lebih segar lagi," kata Tsamara menjelaskan manfaat gerakannya.

Face Yoga

12. Sekarang bawa telunjuk tadi ke bawah alis di ujung mata bagian dalam. "Di sini sinkronisasi napas 3 kali. Saat menekan, jangan terlalu kencang," katanya. Lakukan gerakan ini sambil memejamkan mata.

13. Jika sudah, buat gerakan tangan seperti 'pistol-pistolan'. Mulai cubit-cubit lembut area alis.

14. Sekarang mulai memijat bagian jidat dimulai dari bagian kiri ke kanan menggunakan ankle jari-jari tangan. "Ini bermanfaat sekali buat meredakan pusing dan juga tentunya memaksimalkan penyerapan skincare," tambahnya.

Face Yoga

15. Masih dengan ankle jari, mulai gerakan di pipi kanan dan kiri.

16. Jika sudah, buat gerakan seperti menyuap nasi dan mulai cubit-cubit lembut area dagu dan rahang.

17. Nah, untuk area leher gerakan dimulai dengan memalingkan wajah, tempatkan salah satu tangan di dagu dan tangan lain memijat leher dari tengah ke arah telinga. Boleh berikan ekstra pijat di leher belakang hingga ke pundak.

18. Tarik napas secara sadar dan hembuskan napas. Selesai.

"Dengan melakukan face yoga, diharapkan kita bahagia luar dan dalam karena setiap gerakan ang dilakukan dikerjakan dengan sadar dan penuh suka cita," ungkap Tsamara.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini