Mengasuh Anak Paling Menyenangkan untuk Balita hingga Remaja

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Kamis 03 Juni 2021 22:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 03 612 2419791 mengasuh-anak-paling-menyenangkan-untuk-balita-hingga-remaja-4AIdvNGD2N.jpg Ilustrasi. (Foto: Parents)

MENGASUH anak usia dini zaman now membuat para orangtua kesulitan. Seperti apa tipsnya?

Partnership Portfolio Manager ChildFund Candra Dethan menerangkan, pola pengasuhan anak yang tepat harus dilakukan pada 6-14 tahun. Saat itulah anak berada pada fase transisi dan pencarian jati diri, maka peran orangtua dibutuhkan.

"Pendampingan orangtua sangat diperlukan guna mendampingi anak hingga tumbuh menjadi pribadi lebih baik dalam segi fisik maupun mentalnya dengan kesabaran ekstra serta edukasi dan komunikasi yang baik," terangnya saat media briefing "Program Pengasuhan Positif Childfund International di Indonesia bersama YPSK-LDA".

 Anak

Misalnya bagaimana sikap orangtua cenderung mengatur anak dengan melarang, berkata “jangan”. Semua itu justru akan membuat anak bingung tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Sebaiknya Anda perlu melakukan disiplin positif, juga berlatih membuat aturan positif, yaitu menyampaikan langsung apa yang orang tua ingin anak lakukan.

"Contohnya, dibandingkan mengatakan “jangan bertengkar” orangtua dapat mengganti dengan kata "sayangi adikmu"," tambahnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini