Share

Sering Kerokan Bisa Bikin Kita Kena Penyakit Jantung?

Novie Fauziah, Okezone · Kamis 03 Juni 2021 22:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 03 612 2419820 sering-kerokan-bisa-bikin-kita-kena-penyakit-jantung-giyngaj38t.jpeg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SIAPA yang masih suka kerokan jika tidak enak badan? Memang, kerokan dipercaya mengobati beberapa penyakit seperti masuk angin atau demam, dan dianggap ampuh bagi beberapa orang.

Beberapa ahli menyebut hal itu hanyalah placebo effect yang ditimbulkan oleh otak kita. Karena itu, ritual kerokan pun berbeda di tiap-tiap orang, ada yang harus memakai bawang merah, minya kayu putih ada juga yang menggunakan balsem, tidak lupa alat yang digunakan harus logam bundar.

Tapi, kerokan terlalu sering pun diklaim bisa menyebabkan angin duduk, atau dalam bahasa medis disebut angina pektoris. Mereka yang menderita angin duduk akan merasa nyeri dada menyerang jantung, dan bisa berujung pada kematian.

Kerokan

Lantas apakah ketika seseorang terkena angin duduk disebabkan kerokan, mitos atau fakta? Ternyata penyebab terjadinya penyakit jantung yang dipicu kerokan hanyalah mitos.

Dilansir dari laman Heart, ada penyebab lain yang menyebabkan dada dan anggota lainnya juga terasa sakit. Hal itu terjadi karena satu atau lebih arteri jantung menyempit atau tersumbat, disebut iskemia.

Memang, angina biasanya menyebabkan tekanan tidak nyaman, menyerang bagian leher, rahang, bahu, punggung, atau lengan. Anda akan merasa kesakitan yang luar biasa. Bahkan bisa terjadi infeksi paru-paru dan juga pembengkakan.

Angina sering terjadi ketika otot jantung membutuhkan lebih banyak darah daripada biasanya. Misalnya, selama aktivitas fisik atau ketika Anda emosi. Bagian arteri yang menyempit memungkinkan darah cukup untuk mencapai jantung saat kebutuhan oksigen rendah, seperti saat Anda duduk.

Pemicu yang mungkin akan timbul ketika Anda terkena angin duduk, antara lain seperti stres, mudah emosi, sering mengonsumsi makanan berat, hingga merokok.

Karena itu, yang terpenting adalah pola hidup sehat harus dijalani, hindari kegiatan atau kebiasaan buruk yang menyebabkan kesehatan Anda terganggu.

Nah, jika Anda mengalami beberapa gejala penyakit ini, segera periksakan ke dokter. Penanganan medis akan membuat rasa nyeri yang dialami akan lebih baik. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini