Deretan Manfaat Kurma Kering, Bisa Tingkatkan Kesehatan Usus Lho

Bertold Ananda, Jurnalis · Jum'at 04 Juni 2021 13:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 04 298 2420081 deretan-manfaat-kurma-kering-bisa-tingkatkan-kesehatan-usus-lho-qgxOFK0tbf.jpg Buah kurma. (Foto: Rawpixel/Freepik)

MASYARAKAT Indonesia pasti sudah akrab dengan buah kurma asal Tanah Arab. Kurma adalah makanan yang biasa dikonsumsi saat bulan Ramadhan sebagai takjil atau acara lainnya. Ada banyak jenis buah kurma, di antaranya kurma kering dan basah.

Namun Anda harus tahu, ternyata buah kurma baik dan mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh. Komposisi nutrisi yang padat dalam buah kurma menjadikannya penambah kekebalan yang sempurna.

Kurma dikemas dengan kebaikan serat, vitamin, dan mineral seperti zat besi, kalium, magnesium, kalsium. Kemudian ada kalsium dan vitamin C yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperkuat kesehatan tulang dan gigi, serta membangun ketahanan terhadap flu musiman dan infeksi.

Nah, berikut beberapa segudang manfaat kesehatan dari mengonsumsi buah kurma kering, seperti dirangkum dari laman Times of India.

Baca juga: Anies Baswedan Dapat Kurma Jericho Palestina, Netizen: Barakallah 

Kurma.

1. Baik untuk kesehatan jantung

Kurma kering secara alami dapat meningkatkan kesehatan jantung. Dikarenakan kandungan lemaknya rendah, kurma kering membantu mengelola lipoprotein densitas rendah atau kolesterol jahat di aliran darah. Ini secara alami dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Terlebih lagi, kurma kering rendah sodium dan memiliki konsentrasi potasium yang kaya, membantu menjaga tekanan darah tetap terkendali dan mengurangi risiko stroke.

2. Meningkatkan metabolisme tubuh

Kurma kering memiliki banyak antioksidan yang membantu melancaran pencernaan serta merangsang metabolisme. Kurma kering bagus untuk meningkatkan pergerakan usus dan menghilangkan sembelit. Selain itu, mengonsumsi kurma kering setiap hari dapat membantu penyerapan makanan yang lebih baik. Tapi terlalu banyak makan kurma bisa menimbulkan gangguan kesehatan, karena mengandung kalori yang cukup tinggi dan gula alami.

Baca juga: Mengapa Sebaiknya Mengonsumsi Kurma saat Berbuka Puasa 

3. Meningkatkan kesehatan usus

Kurma kaya serat makanan sehat yang membantu meningkatkan pergerakan usus serta sembelit. Faktanya, kurma kering juga membantu dalam sekresi pencernaan yang membantu meningkatkan pencernaan serta kesehatan usus.

4. Bagus untuk kesehatan tulang

Kurma kering adalah sumber kalsium yang bagus. Ini membantu meningkatkan kesehatan tulang dan gigi. Mengonsumsi kurma ketika menjalankan diet bisa meningkatkan kesehatan tulang dan mengurangi kemungkinan osteoporosis serta radang sendi. Hal ini juga baik untuk perkembangan tulang anak-anak.

Baca juga: Segarnya Susu Kurma Jelly Buat Buka Puasa, Nih Resepnya 

5. Meningkatkan energi

Kurma kering kaya akan gula alami seperti glukosa dan fruktosa yang membantu meningkatkan energi secara instan. Mengonsumsi kurma kering dapat memberi tubuh dosis stamina yang sangat dibutuhkan. Selain itu, bisa membuat kenyang lebih lama. Namun bagi penderita diabetes, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya saat program diet.

Kurma. (Foto: Freepik)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini