Resep Akhir Pekan, Croffle Camilan yang Lagi Ngetren di Korea Selatan

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 04 Juni 2021 22:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 04 298 2420446 resep-akhir-pekan-croffle-camilan-yang-lagi-ngetren-di-korea-selatan-94RkEgQ5nN.jpg Croffles camilan hits di Korea Selatan (Foto : Mangoshomekitchen)

SETELAH sebelumnya dalgona coffee dan garlic bread yang lagi tren sebagai camilan di Korea Selatan, kini mereka punya hidangan baru yakni croffle. Sejatinya, croffle merupakan gabungan dari nama croissant dan waffle.

Croffle disajikan dengan berbagai macam topping. Seperti cokelat, keju, alpukat, olahan daging, buah-buahan, dan masih banyak lagi. Camilan ini juga paling cocok dihidangkan bersama kopi atau susu hangat. Cocok banget kan buat sarapan.

Nah, dilansir MNC Portal Indonesia dari laman Cookpad pada Jumat (4/6/2021), berikut resep dan cara membuat croffle. Dijamin mudah dan enak deh!

Croffle

Bahan-bahan:

- 250 gram terigu protein tinggi

- 4 gram ragi instan

- 30 gram gula pasir

- 12,5 gram telur

- 50 ml air es

- 60 ml susu uht dingin

- 12,5 ram margarin

- 3 gram garam

- 125 gram lemak lapis

Baca Juga : 5 Potret Jessica Melena, WAGs Cantik Bomber Italia di Piala Eropa 2020

Cara membuat:

- Campurkan tepung terigu, ragi, gula, aduk rata. Masukkan telur, air es, dan susu dingin secara perlahan. Uleni sampai menjadi adonan.

- Masukkan margarin dan garam. Uleni sampai bisa dipadatkan, tidak perlu sampai kalis elastis. Masukkan adonan ke dalam freezer selama 30 menit.

- Siapkan korsvet ukuran 15x15cm, sisihkan. Keluarkan adonan dari kulkas. Roll adonan dengan ukuran lebih besar dari korsvet. Letakkan korsvet di tengah-tengahnya dan bungkus rapat dengan adonan.

- Roll adonan seukuran 20x50cm. Bagi adonan menjadi 3 bagian. Lipat bagian atas ke bagian tengah dan bagian bawah lipat menutupi bagian tengah (single fold). Bungkus adonan dengan plastik. Simpan dalam freezer selama 30 menit.

- Rotasi adonan 90 derajat. Lakukan step 4 sebanyak 2x lagi dan simpan adonan dalam freezer semalaman. Lalu keluarkan adonan, thawing sebentar. Roll seukuran 20x100. Bagi adonan.

- Diamkan adonan sesaat, sementara itu siapkan cetakan waffle, dan panaskan. Letakan adonan pada cetakan waffle sampai matang. Mentega dari croissant akan meleleh mengikuti bentuk cetakan.

- Sajikan dengan madu atau pelengkap topping lainnya sesuai dengan selera masing-masing.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini