Wajib Tahu, 3 Cara Melindungi Sendi dari Cedera saat Olahraga

Bertold Ananda, Jurnalis · Jum'at 04 Juni 2021 19:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 04 481 2420156 wajib-tahu-3-cara-melindungi-sendi-dari-cedera-saat-olahraga-Uj8brkvTv2.jpg Ilustrasi cedera sendi. (Foto: Shutterstock)

TETAP aktif secara fisik adalah salah satu cara menjaga kesehatan tubuh, termasuk sendi-sendi. Melakukan aktivitas seperti joging dan olahraga tentu mempunyai manfaat untuk tubuh agar selalu fit serta bugar.

Olahraga yang dilakukan tentunya perlu pola dan gerakan yang benar untuk memaksimalkan kesehatan tubuh. Namun yang masih sering terjadi adalah banyak orang melakukan pola, persiapan, dan gerakan yang salah. Pada akhirnya sendi tubuh terkena dampaknya.

Pegel, nyeri, dan cedera yang ditimbulkan akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Pentingnya memastikan melakukan semua dengan benar saat olahraga.

Nah, berikut tiga cara melindungi sendi dari cedera saat olahraga, sebagaimana dinukil dari laman Feminaindia.

Baca juga: Menderita Radang Sendi? Hindari Makanan dan Minuman Ini 

Olahraga. (Deden Darmansyah/Okezone)

1. Pakai sepatu olahraga yang tepat

Pakailah sepatu sebagaimana peruntukannya. Sepatu olahraga dibuat dan dirancang aman serta nyaman saat melakukan kegiatan olahraga.

Sepatu usang yang sudah melewati masa pakainya dapat memiliki efek negatif. Tidak hanya pada kaki dan pergelangannya, tetapi juga lutut serta pinggul, karena rantai kinetik yang mengarahkan mekanika tubuh.

Ada dua jenis sepatu olahraga, tergantung pada apakah dirancang untuk stabilitas atau menawarkan dukungan. Jenis pertama memiliki tumit dan midsole yang padat dan empuk untuk membantu mengontrol gerakan dan mencegah overpronasi, yaitu kecenderungan kaki berguling ke dalam saat menyentuh tanah.

Kemudian jenis kedua adalah sepatu yang memiliki bantalan dan mengurangi guncangan tanpa mengoreksi overpronasi.

Pertimbangkan aktivitas olahraga dan jenis sepatu yang dibutuhkan kaki untuk melindungi persendian saat berolahraga.

Baca juga: Waspada, Radang Sendi Ini Kini Ancam Anak-Anak Muda! 

2. Ubah pola latihan olahraga

Ingatlah petunjuk ini:

- Pisahkan latihan secara berbeda. Latih semua otot selama setiap latihan. Ini akan membantu mengurangi ketegangan pada sendi tertentu.

- Gabungkan sesekali latihan berat dan ringan untuk mengurangi ketegangan pada sendi serta mengurangi risiko cedera. Lakukan gerakan tersebut secara perlahan.

- Olahraga berenang dapat membuat lebih rileks dan intens tanpa menambah ketegangan pada persendian.

- Berlatih bentuk dan teknik yang tepat.

3. Selalu lakukan pemanasan sebelum dan sesudah olahraga

Memaksa otot dan persendian dalam olahraga dapat meningkatkan risiko cedera. Pemanasan dapat meningkatkan suhu tubuh serta meningkatkan aliran darah untuk membantu mengendurkan otot dan melumasi sendi.

Pemanasan dan pendinginan rutin yang tepat bersifat wajib dalam setiap program latihan yang baik. Ini membuat olahraga jadi lebih aman dan efektif.

Jika menderita radang sendi, lalui lebih banyak waktu untuk melakukan pemanasan, sehingga persendian mulai memproduksi cairan pelumas untuk membuat gerakan lebih mudah.

Baca juga: Bukan Obat, Glukosamin Tidak Bisa Sembuhkan Penyakit Sendi 

Nyeri sendi. (Foto: Shutterstock)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini