Bukan Babi Ngepet, Ini 6 Jenis Babi Super Langka Milik Indonesia

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 04 Juni 2021 02:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 04 612 2419848 bukan-babi-ngepet-ini-6-jenis-babi-super-langka-milik-indonesia-sU51lN19gD.jpeg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

KASUS Babi Ngepet yang terjadi di Depok memang cukup menyita perhatian para netizen dan masyarakat umum. Mitos seputar babi ngepet memang sudah ada sejak dahulu, tapi belum ada yang membuktikan secara nyata.

Sementara kasus di Depok, ternyata hanyalah settingan beberapa orang, yang kemudian sudah ditangani oleh Polisi. Meski demikian, babi yang mereka gunakan adalah babi asli

Nah, bicara soal babi, hewan memiliki beragam jenis yang tersebar di seluruh dunia, dan berkembang pesat di China, Eropa dan Amerika. Tapi, Indonesia juga punya loh jenis babi yang endemik. 

Satwa yang hanya ada di nusantara ini dikategorikan sebagai satwa langka dan statusnya Rentan (Vulnerable/VU) yang ditetapkan oleh International Union for Conservation of Nature (IUCN). Melansir Kementerian LHK, berikut deretan babi langka di Indonesia.

Babi

Babi rusa (babyrousa)

Babi rusa merupakan hewan endemik Sulawesi dan Status konservasi hewan ini berdasarkan badan konservasi dunia IUCN danalah VU. Babi Rusa di dalam negeri termasuk hewan yang dilindungi UU Permen LHK Nomor P.106/2018.

Babi Rusa Tagean (Babyrousa togeanesnsis)

Babi rusa Togean merupakan spesies terbesar Babirusa, hewan ini merupakan spesies endemik kepulauan Togean, Sulawesi Tengah. Babi Rusa jantan punya ciri khas memiliki dua taring besar yang menembus kulit moncong. Ukuran taringnya saja, bisa mencapai 30 cm.

Babi Rusa Buru (Babyrousa babyrussa)

Babi Rusa Buru merupkan babi yang berasal dari Pulau Buru, Mangoli, Taliabu di Kepulauan Maluku. Babi Rusa Buru ini memiliki ciri khas yaitu taring di rahang atas hewan jantan pendek dan ramping, bersilangan dengan taring rahang bawah di sisi mulut status hewan ini dikategorikan sebagai rentan oleh IUCN.

Babi Berjenggot (Sus barbatus)

Babi dengan Nama latin sus Barbatus ini aktif di malam hari. Jenis makannya berupa buah-buahan yang jatuh dari pohon, dan biji-bijian, akar-akaran, serta tumbuhan lain dan hewan kecil seperti cacing tanah, serangga dan sejenisnya.

Babi

Babi Kutil (Sus verrucosus)

Babi Kutil Bawean merupakan satwa endemik yang terdapat di pulau Bawean, jenis babi ini masuk ke dalam kategori endrangered atau terancam pada IUCN redlist. Ciri khas babi ini terdapat tiga pasang tonjolan daging yang mengeras, seperti kutil di sekitar moncongnya, seukuran buah anggur. 

Babi Sulawesi (sus celebensis)

Babi Sulawesi atau celebes warty pig terdapat di Sulawesi, Flores, Nias dan Pulau Seram. Babi ini memiliki ciri kaki yang pendek, warna abu-abu kehitaman dan terdapat kutil di wajahnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini