Kenali Nama 'Samaran' Gula di Label Kemasan Makanan

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 04 Juni 2021 17:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 04 612 2420183 kenali-nama-samaran-gula-di-label-kemasan-makanan-rxRUWZPINU.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SETIAP makanan kemasan memang wajib memiliki label kemasan, untuk menunjukkan kandungan dalam sebuah makanan. Nah, salah satu yang paling sering dilihat adalah jumlah kalori dan gula.

Tapi, yang harus dipahami adalah ada banyak nama lain gula yang biasanya ditaruh dalam kemasan makanan. Mungkin Anda tidak menemukan tulisan gula, padahal produk tersebut masih tetap mengandung gula, hanya saja dengan nama yang berbeda.

Lantas, apa saja nama “samaran” dari gula yang kerap muncul di label kemasan makanan? Kenapa gula bisa punya nama yang berbeda-beda?

Seperti dilansir dari Hellosehat, jika suatu ketika Anda tidak menemukan tulisan ‘gula’ yang tertera pada label kemasan makanan, bukan berarti produk tersebut bebas dari gula.

Gula

Pasalnya, ada berbagai nama lain gula yang ditambahkan ke dalam produk makanan, sehingga sering kali mengecohkan Anda sebagai pembeli.

Perbedaan nama gula ini dikarenakan gula diolah dari berbagai sumber yang berbeda-beda sehingga kadang hasil olahan gula yang telah jadi pun memiliki rasa dan tekstur yang tidak sama.

Badan Pengawas Obat dan Makanan di Amerika Serikat (FDA) mengatakan bahwa produsen makanan memang telah diwajibkan untuk mencantumkan semua bahan yang terkandung dalam produknya. Namun, adanya berbagai macam nama lain gula, yang menyebabkan kehadiran gula dalam produk makanan dan minuman menjadi sulit untuk dideteksi.

Karena itu, Anda sebaiknya lebih teliti lagi saat membaca label kemasan makanan. Sebab, masing-masing gula yang dicampurkan dalam produk makanan dan minuman, akan berpengaruh terhadap jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Berikut adalah nama-nama gula dalam komposisi makanan kemasan.

1. Sucrose

2. Cane sugar. juice

3. Caramel

4. Fruit juice concentrate

5. Corn sugar/syrup

6. Dextrose

7. Fructose

8. Glucose

9. Isoglucose

10. Golden caster sugar

11. Jaggery

12. Maltose/Malt Sugar

13. Molasses

14. Sorghum syrup.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini