Terinspirasi Ayah, Nicholas Saputra Ternyata Suka Masak

Antara, Jurnalis · Jum'at 04 Juni 2021 18:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 04 612 2420327 terinspirasi-ayah-nicholas-saputra-ternyata-suka-masak-8MtIvImHeD.jpg Nicholas Saputra. (Foto: Instagram)

MESKIPUN memasak cenderung dilakukan oleh Ibu Rumah Tangga, tapi pada kenyataannya profesi chef biasa ditekuni oleh para pria. Salah satu pria yang suka memasak adalah Nicholas Saputra.

Pemeran Rangga ini berpendapat dapur bukan hanya tempat untuk perempuan. Nicholas bahkan memerankan koki bernama Bono di film "Aruna & Lidahnya".

"Kebetulan ayah saya lebih suka masak makanan Barat, ibu saya masak makanan Indonesia, jadi saya tidak pernah melihat dapur adalah teritori gender tertentu," kata Nicholas.

Berdasarkan pengalamannya melancong ke berbagai daerah, dia juga melihat pekerjaan di dapur tak cuma dibebankan kepada perempuan. Di Aceh, misalnya, laki-laki berperan dalam proses memasak rendang. "Jadi ini sudah jadi bagian kehidupan kita, berdasarkan pengalaman pribadi saya juga begitu, dapur bukan hanya teritori perempuan, tetapi laki-laki," jelas dia.

Nicholas Saputra

Selama pandemi, dia pun mengasah kemampuan memasak makanan Indonesia yang awalnya dirasa lebih sulit dan rumit, dibandingkan makanan Barat. Bumbu yang lebih banyak dan urutan pembuatan yang lebih panjang adalah tantangan yang harus dia hadapi.

Nicholas pun mengajak konsumen untuk menjadi koki di rumah masing-masing. Kampanye ini sejalan dengan hasil penelitian Pusat Studi Pangan dan Gizi Universitas Gadjah Mada dan Asosiasi Profesi Keamanan Pangan Indonesia (APKEPI) bahwa selama pandemi, masyarakat lebih senang memasak dan makan di rumah karena aktivitas berkutat di rumah.

Oleh karena itu, memiliki dapur yang menyenangkan sama pentingnya dengan memilih produk peralatan dapur yang berkualitas sehingga tahan lama. Memilih perlengkapan dapur yang memuaskan dianggap sebagai investasi.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini