Desainer Ini Ciptakan Mata Ketiga agar Orang Tak Nabrak kala Main HP Sambil Jalan

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 04 Juni 2021 23:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 04 612 2420401 desainer-ini-ciptakan-mata-ketiga-agar-orang-tak-nabrak-kala-main-hp-sambil-jalan-oppbuDGeL0.jpg Third Eyes. (Foto: Reuters)

HANDPHONE memang nampaknya sudah menjadi kebutuhan primer bagi beberapa orang. Tidak peduli di mana mereka berada, mereka akan selalu menatap handphone.

Bahkan, saat berjalan pun banyak orang kerap melihat handphone dan mengabaikan hambatan di depannya. Karenanya, seorang desainer asal Korea Selatan, Paeng Minwook untuk merancang satu alat yang dinamakan robotic third eye.

Seperti namanya, alat ini berfungsi sebagai mata ketiga yang membantu si pemakainya untuk tetap aman saat berjalan di jalanan walau sambil menunduk melihat dan menggunakan ponselnya di tangan.

Sang desainer menyebutkan, alat ini dilengkapi dengan sistem sensor yang fungsinya mengukur angle dari alat ini sendiri. Dipasang di bagian belakang kepala, kemudian akan terbuka saat kepala dimiringkan.

3rd Eye

Ketika eyelid atau kelopak mata robotic tersebut terbuka, sensor ultrasonic akan mendeteksi halangan yang ada di depan sang pemakai. Kemudian halangan tersebut (misalnya ada kendaraan, tiang listrik, dan sebagainya), diinformasikan ke pemakainya, dengan notifikasi berupa buzz (dengungan).

Guna mengembangkan prototypenya, Paeng Minwook disebutkan membutuhkan waktu hingga enam pekan. Ia menyebutkan, saat ini alat ciptaannya tersebut masih dalam fase pengembangan.

“Robotic third eye ini masih di fase pengembangan, jadi saya belum uji coba pada banyak orang. Saya harap bisa mendapatkan beberapa masukan untuk meningkatkan alat ini, seperti soal sensor dan metode notifikasinya,” ujar Paeng Minwook, dikutip South China Morning Post, Jumat (4/6/2021).

Paeng Minwook menambahkan, selain ingin mengembangkan alat ini lebih jauh lagi dengan menjadi alat yang user friendly dan akan dilengkapi dengan beberapa alat pendukung tambahan.

Sebetulnya, tujuan ia mendesain robot mata ketiga ini bukan hanya ingin membantu pemakainya agar bisa berjalan di jalanan dengan aman. Namun sekaligus mengkritisi kebiasaan masyarakat luas di jaman sekarang yang seolah tak bisa lepas dari ponsel.

“Di era saat ini, jarang sekali melihat orang berjalan di jalanan tanpa memegang dan melihat ponsel mereka. Inilah kenapa saya desain third eye, tujuannya alat ini bisa membantu pemakainya untuk berjalan di jalanan dengan aman dan nyaman saat menggunakan ponsel," kata dia.

"Alih-alih menemukan solusinya, saya coba memperlihatkan fenomena ini dan mengkritisi apa yang selama ini kita lakukan dengan ponsel kita,” tambahnya.

Ia berharap lewat alat canggih buatannya tersebut, sedikit banyak bisa membantu setiap individu untuk merefleksikan diri tentang kebiasaan dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

“Saya harap ini bisa menstimulasi masa depan lingkungan masyarakat kita dan merefleksikan tindakan absurd di dalam diri kita,” pungkas Paeng Minwook.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini