Daftar Makanan Wajib Pengendara Sepeda agar Tubuh Tetap Aktif dan Bugar

Bertold Ananda, Jurnalis · Sabtu 05 Juni 2021 18:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 05 481 2420606 daftar-makanan-wajib-pengendara-sepeda-agar-tubuh-tetap-aktif-dan-bugar-kAcBHBg2R0.jpeg Ilustrasi pengendara sepeda. (Foto: Dede Kurniawan/Okezone)

JIKA Anda senang olahraga sepeda, maka wajib menjaga asupan makanan. Nutrisi yang tepat tidak hanya akan membantu tubuh tetap aktif, tetapi juga meningkatkan kinerja usai menggowes.

Makanan yang dikonsumsi sebelum melakukan olahraga bersepeda dapat memengaruhi aktivitas sehari-hari. Kemudian apa yang dikonsumsi setelah bersepeda membantu pemulihan tubuh dengan cepat.

Kecepatan, stamina yang dikeluarkan secara keseluruhan, sangat penting saat olahraga bersepeda. Untuk semua hal ini, wajib mengonsumsi asupan makanan bernutrisi.

Dilansir dari laman Times of India, berikut daftar makanan yang harus dikonsumsi pengendara sepeda agar tetap aktif dan bugar.

Baca juga: Hari Sepeda Sedunia, Yuk Ketahui 6 Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan Tubuh 

1. Sebelum bersepeda lakukan sarapan terlebih dahulu

Sarapan adalah sumber utama energi pada pagi hari. Mulailah hari dengan makanan yang penuh nutrisi penting dan vitamin yang memberi energi untuk melakukan aktivitas bersepeda. Telah diketahui bahwa orang yang sarapan dapat menurunkan berat badan dengan cepat dan efektif. Jadi jika Anda bersepeda untuk menurunkan berat badan, sarapanlah yang sehat.

Berikut ini menu sarapan yang harus disertakan dalam diet Anda:

- Bubur yang dibuat dengan susu dan topping buah beri segar, pisang, dan biji-bijian.

- Telur orak-arik dengan roti panggang dan tomat panggang.

- Smoothies pisang dengan selai kacang, susu, dan oat.

Sepeda. (Foto: Heru Haryono/Okezone)

Baca juga: Hari Bersepeda Sedunia, Berikut 5 Tips Turunkan Berat Badan dengan Sepedaan 

2. Selama melakukan olahraga bersepeda

Jika Anda bersepeda lebih dari 1 jam, maka perlu menjaga asupan energi dalam bentuk karbohidrat. Cara termudah mengisi kembali energi saat bersepeda adalah minuman isotonik untuk mengembalikan cairan tubuh.

Mengonsumsi pisang dan buah-buahan kering juga bisa menjadi alternatif yang baik. Usahakan mengonsumsi 60 gram karbohidrat setiap jam berolahraga.

Penting untuk tidak mengonsumsi makanan secara berlebihan. Ini bisa menyebabkan lambung berkerja lebih berat mencernanya saat Anda melakukan olahraga, dan bisa menyebabkan mual atau sakit perut.

3. Setelah bersepeda

Ketika Anda sudah melakukan olahraga bersepeda, maka prioritaskan mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Kemudian makan makanan bergizi seperti sayur dan buah-buahan untuk mengembalikan energi dan menyediakan protein yang cukup untuk tubuh. Makanan Anda harus mengandung 20 hingga 40 gram protein dan 70 sampai 80 gram karbohidrat.

Baca juga: Ngadem di Minimarket, Perilaku Rombongan Pesepeda Lagi-lagi Jadi Sorotan 

Anda bisa coba mengonsumsi tiga makanan sehat ini:

- Kentang panggang dengan irisan keju cottage.

- Ayam panggang, nasi, dan sayuran.

- Smoothies dengan selai kacang, yoghurt, dan buah beri segar.

- Jaga agar diri tetap terhidrasi. Minum banyak air sepanjang hari. Ini akan membuat tubuh tetap sehat dan mencegah masalah perut usai bersepeda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini