Cegah Serangan Jantung, Yuk Konsumsi 3 Makanan Sehat Ini

Bertold Ananda, Jurnalis · Sabtu 05 Juni 2021 20:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 05 481 2420714 cegah-serangan-jantung-yuk-konsumsi-3-makanan-sehat-ini-c2BhpVjMDG.jpg Ilustrasi jantung sehat. (Foto: Freepik)

BANYAK orang beranggapan bahwa melakukan olahraga secara teratur dapat mencegah serangan jantung. Hal ini benar adanya, tapi alangkah lebih baik bila dibarengi dengan mengonsumsi makanan sehat yang baik untuk jantung.

Penting dipahami bahwa kesehatan jantung akan sangat terpengaruh ketika Anda menerapkan diet dengan cara berolahraga. Itulah sebabnya Anda harus menjaga nutrisi dalam tubuh dengan cara mengonsumsi makanan sehat.

Baca juga: Sering Kerokan Bisa Bikin Kita Kena Penyakit Jantung? 

Inilah sebabnya mengapa penting menambahkan makanan bernutrisi ke dalam asupan sehari-hari. Tujuannya memastikan jantung tetap sehat dan mengurangi risiko serangan jantung.

Nah, berikut ini deretan makanan sehat yang ampuh mencegah serangan jantung, seperti dirangkum dari laman Times of India.

Telur. (Foto: Timolina/Freepik)

1. Telur

Telur merupakan makan yang mengandung protein tinggi. Selain itu, telur sangat baik untuk kesehatan jantung Anda.

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan jurnal Heart, makan telur setiap hari dikaitkan dengan risiko penyakit kardiovaskular yang lebih rendah. Hasil penelitian itu menyimpulkan bahwa makan kurang dari 1 butir telur per hari secara signifikan dikaitkan dengan risiko CVD yang lebih rendah.

Baca juga: Benarkah Musuh Jantung adalah Air Es? Ini Faktanya 

2. Buah beri

Buah beri tidak hanya menjadi makanan tambahan yang enak untuk dijadikan smoothies, tapi juga sangat baik untuk jantung Anda. Jika Anda harus memilih, pilihlah blueberry.

Menurut sebuah penelitian, asupan harian 1 cangkir (150 gram) blueberry dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah. Ini disebabkan buah beri kaya anthocyanin, antioksidan yang tinggi untuk membantu dalam pencegahan penyakit kardiovaskular.

Buah blueberry. (Foto: Medicalnewstoday)

3. Sayur bayam

Jangan meremehkan kekuatan dan nutrisi yang terkandung dari sayuran bayam ini untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Tidak banyak orang tahu manfaat bayam dalam manjaga kesehatan jantung.

Sayuran bayam bukan hanya sumber vitamin K yang bagus, tetapi juga sarat dengan nitrat. Kedua nutrisi ini diketahui memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung dengan melindungi arteri dan mengurangi tekanan darah.

Baca juga: Studi: Minum Segelas Susu Setiap Hari Kurangi Risiko Sakit Jantung 

Sayur bayam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini