Tes Kesuburan untuk Pasangan Milenial

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Minggu 06 Juni 2021 00:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 05 481 2420721 tes-kesuburan-untuk-pasangan-milenial-d7BNkacDg6.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MASALAH kesuburan sering dialami pasangan milenial. Lantas apa tes kesuburan yang harus dijalani?

dr. Pandji Sadar dari Pusat Fertilitas Bocah Indonesia menuturkan, 1 dari 8 Pasangan Suami Istri memiliki masalah kesuburan. Sebagian besar tidak menyadari permasalahan kesuburan yang dihadapi.

 Haid

"Edukasi mengenai masalah kesuburan yang banyak dialami pasangan harus dilakukan," terangnya lewat keterangan resminya.

Dia menambahkan, masalah kesuburan yang sering dihadapi oleh wanita di Indonesia yakni kista, miom, polip, nyeri haid berlebih, Haid tidak teratur. Dampaknya kerap kali menjadi kendala untuk sulit mendapatkan buah hati.

Sebagai jalan keluar, Anda tentu harus konsultasi dokter spesialis Kandungan, konsultasi dokter spesialis Andrologi. Tak hanya itu, Anda juga perlu melakukan sederet tes kesehatan yang berkaitan dengan kesuburan.

"Tes hormon Anti-Mullerian Hormone (AMH), USG transvaginal, analisa sperma, dan pengecekan saluran tuba (HyFoSy) juga dibutuhkan dalam hal ini," ungkap dr Pandji.

Dokter

Di samping itu, untuk pasangan muda, tak ada salahnya untuk sadar mengecek kesuburan sejak dini. Anda perlu mengecek kesehatan rahim, sperma dan tuba.

"Jika hal ini dilakukan, keluhan masalah kesuburan bisa cepat ditanggulangi sejak dini," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini