MasterChef Indonesia: Susahnya Olah Beras Jadi Masakan Enak, Semua Kontestan Gagal di Challenge Pertama

Novie Fauziah, Jurnalis · Minggu 06 Juni 2021 18:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 06 298 2421020 masterchef-indonesia-susahnya-olah-beras-jadi-masakan-enak-semua-kontestan-gagal-di-challenge-pertama-FeP8NLNKoK.jpg MasterChef Indonesia (Foto : Instagram/@masterchefina)

Challenge pertama ke delapan belas kontestan MasterChef Indonesia season 8, yaitu enam jenis beras di antaranya beras merah, singkong, jagung, sorgum putih, cokelat, ketan putih.

Meski beras menjadi makanan pokok sehari-hari orang Indonesia diolah menjadi nasi, namun tak semua familiar dengan keenam jenis beras ini.

MasterChef Indonesia

Bahkan Wita, kontestan asal Tasikmalaya ini juga bingung harus membuat apa dari pilihan beras yang diberikan oleh juri.

"Ternyata pas dibuka, ada enam macam beras, bingung mau masak apa," kata Wita seperti dikutip dari tayangan MasterChef Indonesia season 8 di RCTI, Minggu (6/6/21).

Baca Juga : Dikasih Kejutan, 18 Kontestan MasterChef Indonesia Pakai Appron Nama Masing-Masing

Ketiga juri yaitu Chef Arnold Poernomo, Chef Renatta Moeloek dan Chef Juna Rorimpandey mengingatkan, bahwa beras yang dipilih harus menjadi highlight olahannya.

"Beras ini untuk diolah menjadi highlight di olahan kalian. Olah lah jadikan bahan tersebut dengan berkreasi," kata chef Juna.

Enam jenis beras tersebut, akan membuat para kontestan menjadi lebih menantang. Kemudian akan menentukan kemampuan mereka, apakah ketiga juri akan mempertahankannya. Siapa yang akan memenangkan tantangan pertama ini?

Semua Kontestan Gagal Menangkan Challenge Beras

Challenge pertama ke delapan belas kontestan MasterChef Indonesia season 8, yaitu enam jenis beras di antaranya beras merah, singkong, jagung, sorgum putih, cokelat, ketan putih.

Selama proses memasak di galeri, para kontestan mulai mengolah beras mereka pilih dari enam jenis yang telah diberikan.

"Beras ini untuk diolah menjadi highlight di olahan kalian. Olahlah jadikan bahan tersebut dengan berkreasi," kata chef Juna seperti dikutip dari tayangan MasterChef Indonesia season 8 di RCTI, Minggu (6/6/21).

Kemudian setelah 60 menit waktu memasak yang diberikan berlalu, ketiga juri chef memanggil beberapa kontestan untuk dicoba dan dinilai.

Salah satu yang maju adalah La Ode. Kontestan asal Sulawesi Tenggara ini memilih beras singkong dan jagung, dan mengolahnya menjadi barongko saus pandan.

Barongko saus pandan ini berasal dari daerahnya, dan sengaja dibuat karena cukup familiar. Tapi sayang, La Ode kurang puas dengan olahannya itu.

"Saya kurang puas, karena lembek," ujarnya.

Ketiga chef juri yaitu Chef Arnold Poernomo, Chef Renatta Moeloek dan Chef Juna Rorimpandey menyayangkan, saus pandan yang dibuatnya terlalu pekat. Bahkan chef Juna bilang, seperti dihaluskan dari dua kebun daun pandan.

"Kamu pake pandan dua kebon?" Tanya chef Juna.

Setelah beberapa kontestan dipanggil, akhirnya keriga juri chef memutuskan, tidak ada yang memenangkan challenge pertama. "Kami belum menemukan pemenang yang layak. Kalian harus lebih cerdas," kata chef Renatta.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini